CB150R StreetFire VS New V-ixion | Side by Side Comparison

Gonjang-ganjing jagat roda dua semakin memanas setelah dua pabrikan besar, Yamaha dan Honda, menurunkan jagoannya. Meskipun belum mencapai tahap distribusi ke masyarakat, namun kehadiran dua miyabi jagoan ini sudah memancing birahi rasa penasaran banyak pihak. Banyak yang bertanya-tanya, “Bagusan yang mana sih?”.  Yang mana yang lebih bagus tentunya yang sesuai dengan ukuran itu karakter, selera, serta kocek anda~ Okelah… Setelah berkunjung ke JMS (jowo montor selebor) (Jakarta Motorcycle Show) dan melihat secara langsung wujud kedua jagoan ini, saya jadi semakin terpicu untuk membahas miyabi side by side comparison atau bahasa gampangnya komparasi sisi demi sisi dari New Vixion dan CB150R StreetFire.

 

Sasis / Rangka: Truss Frame VS Twin Spar Frame

Deltabox New V-ixion
Truss Frame alias “teralis”-nya CB150R

 

Honda CB150R StreetFire mengaplikasikan rangka ‘teralis’ yang tergolong masih jarang ditemui di motor-motor Indonesia pada umumnya. Sedangkan Yamaha New Vixion menggunakan rangka twin spar atau lebih dikenal dengan “Deltabox” serupa dengan yang digunakan di V-ixion lawas. Yang pasti kedua jenis rangka ini memiliki kestabilan dan nilai estestis lebih dibandingkan rangka sepeda motor di Indonesia pada umumnya.

Kaki-kaki: Gambot VS Biasa

New Vixion menggunakan suspensi depan berdiameter cukup besar, dan ban yang diaplikasikan tergolong gambot. Sehingga kaki-kaki New Vixion akan terlihat lebih kekar. Sedangkan CB150R mengggunakan suspensi depan dengan ukuran biasa, serupa dengan yang digunakan di New Megapro. Bannya pun berukuran standar untuk motor batangan 150cc. Tapi mesti diingat, ukuran ban jelas mempengaruhi peforma, ban berukuran lebih besar akan membuat mesin bekerja ekstra.

Starter: Double Starter VS Single Starter

Hayooo… Mana Kick Starter New V-Ixion??? –,

CB 150R StreetFire memiliki Double Starter alias Starter Ganda, yaitu electric starter dan kick starter, kelebihannya ketika aki habis, pengendara bisa menggunakan kick starter untuk menyalakan mesin. Sedangkan New Vixion hanya memiliki Elektric Starter saja, jadi mungkin pengendara agak kerepotan ketika aki habis, namun kelebihannya, beban kerja mesin akan berkurang karena komponen di dalamnya lebih sedikit (Seperti kasus Shogun SP generasi pertama yang hanya mengaplikasian kick starter).

Pegangan Belakang: Model Konvensional VS Menyatu dengan Body

Ini sebenernya pegangan belakang lho… bukan body :b

Pegangan belakang CB150R StreetFire berbentuk seperti kebanyakan pegangan belakang sepeda motor lain. Sedangkan New Vixion memilki keunikan tersendiri dimana pegangan belakangnya menyatu dengan body, seolah-olah nggak ada pegangan belakangnya gitu deh~

Mesin: Overstroke SOHC VS Overbore DOHC

Mesin CB150R StreetFire, nyomot basisnya dari CBR150, mantab jaya~

New Vixion menggunakan basis mesin Vixion lawas yang mendapat penyempurnaan di bagian injektornya. Karakter mesin New Vixion yang menganut SOHC (Single Over Head CamShaft) dan Overstroke (Langkah di ruang pembakaran lebih panjang disbanding diameter ruang pembakaran) memiliki ciri “galak” di putaran bawah (rpm) dan bertorsi besar. Sisi positifnya, pengendara tidak perlu menekan gas terlalu dalam untuk berakselerasi, akan sangat membantu ketika menghadapi situasi lalu lintas padat di daerah perkotaan. Sisi negatifnya, tenaga di rpm tinggi akan terasa “kurang narik”.

CB150R StreetFire menggunakan basis mesin CBR150 yang sedikit di “downgrade” dari saudaranya yang berfairing. Mesin CB150R StreetFire menganut tipe Overbore (Diamater ruang pembakaran lebih panjang disbanding langkah ruang pembakaran) dan DOHC (Double Over Head Camshaft) mempunyai karakter agak “lemot” di putaran bawah namun sangat bertenaga di putaran atas. Sisi positifnya CB150R dapat digeber secara maksimal di trek yang cukup panjang. Sisi negatifnya, untuk mendapatkan tenaga yang optimal pengendara mesti menarik gas agak dalam.

Yah begitulah… Sisanya kedua jagoan ini memiliki fitur serupa, seperti panel speedometer yang sama-sama digital dengan rpm meter analog. Penyuplai bahan bakar ke mesin juga sudah sama-sama injeksi. Serta pengereman pun keduanya sudah DDB alias Double Disk Brake alias depan belakang pake cakram~ Sayangnya kedua produk ini masih menggunakan stang model biasa, secara keduanya sudah memiliki desain dan spesifikasi mesin yang mumpuni, andai kata diganti dengan stang jepit, mungkin rasanya akan lebih asoy~

New V-ixion, jadi pusat perhatian di stand Yamaha, nggak jarang juga “diobok-obok” pengunjung… :b
CB150R StreetFire, cuma bisa diliat, soalnya dipajang diatas panggung jadi nggak bisa dipegang -___-

 

Okelah… Semoga ulasan singkat dari saya ini bisa membantu anda memilih mana yang sesuai dengan selera, kalo saya sih nggak pilih dua-duanya karena nggak punya duit buat beli :b

Sekian posting dari saya kali ini, semoga bermanfaat~

About these ads

10 gagasan untuk “CB150R StreetFire VS New V-ixion | Side by Side Comparison”

  1. vote new vixion tp msin hrus DOHC……..
    coba di up grade lg YIMM sblum di pasarkan biar g kalah sama tralis..? yamaha kn smakin di dpn.
    msok larinya kalah dgn tralis……….

  2. RATING MENURUT GW PRIBADI.
    1. Desain :
    CB150R (4).
    New Vixi (5).

    2. Panel dan Tangki :
    CB150R (4).
    New Vixi (5).

    3. Rangka :
    CB150R (5).
    New Vixi (4).

    4. Mesin :
    CB150R (5).
    New Vixi (4).

    5. Kaki-kaki :
    CB150R (5).
    New Vixi (5).

    Total : CB150R 23 : 23 NEW VIXION.

    Ada plus dan minus pada motor masing-masing. Tidak ada yang mengungguli.
    Tapi kalau Gw sendiri sih milih CB150R. Karena Gw sendiri lebih sering membawa ditrek yang lebih lurus.
    Perlu diketahui, CB150R mengadopsi mesin DOHC. Mesin DOHC lebih digdaya dari mesin SOHC (NEW VIXI) untuk putaran atas (60 – 90 km/jam dan keatas).

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s