New V-ixion VS CB150R (lagi) (+data!)

Langsung aje bro. jiwa seorang blogger ingusan merasa tepanggil ketika melihat data berikut:

CB150R

Data Akselerasi
0-60 km/jam: 3,8 detik
0-80 km/jam: 6,8 detik
0-100 km/jam: 11,7 detik
0-100 meter: 7 detik
0-201 meter: 11 detik
0-402 meter: 18,2 detik

 

New V-ixion

Data Akselerasi
0-60 km/jam: 4,1 detik
0-80 km/jam: 7,1 detik
0-100 km/jam: 13,1 detik
0-100 meter: 7,1 detik
0-201 meter: 11,3 detik
0-402 meter: 18,4 detik

Image

sumbernya dari sini: http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/11/337568/38/13/Test-Ride-Yamaha-New-V-Ixion-Lightning-Lebih-Nyaman

dan dari sini: http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/04/337373/38/13/Test-Ride-Honda-CB150R-StreetFire-Tetap-Responsif-

Melihat data di atas. Terlihat bahwa CB150R mampu berakselerasi lebih baik ketimbang New V-ixion. Padahal seperti yang kita ketahui, spek New V-ixion adalah overstroke SOHC dan CB150R adalah overbore DOHC. Secara teknis, mesin DOHC (apalagi overbore) memiliki karakter ganas di putaran tinggi dan mesin SOHC (apalagi overstroke) semestinya garang di putaran rendah.Tapi kok ini malah sebaliknya? Tenang, jangan sewot~ CB150R mengaplikasikan gear dengan rasio ringan dan ban berukuran normal, sehingga nggak heran akselerasinya lebih “menggigit”. Sedangkan New V-ixion menggunakan ban yang tergolong gambot sehingga akselerasinya sedikit lebih lambat.

Tapi, apakah  New V-ixion kalah kencang dibanding CB150R??? Belum tentu bro. Karena ada satu hal yang perlu diwaspadai, yaitu speedometer New V-ixion yang lebih akurat ketimbang CB150R. Topspeed New V-ixion pun bisa tembus 126 km/jam. (baca link diatas). Bukan sebuah angka yang remeh untuk speedometer dengan tingkat akurasi tinggi. Sedangkan CB150R menorehkan angka 130km/jam (baca link di atas lagi) namun dengan tingkat akurasi speedometer yang lebih rendah dibanding New V-ixion. (mengenai akurasi speedometer CB bisa dilihat di juragan Pertamax7 sedangkan akurasi speedometer New V-ixion bisa dilihat di blog IWB)

Image

Silahkan simpulkan sendiri mana yang lebih kencang, baik dari segi akselerasi ataupun topspeed. Sekian posting dari saya kali ini, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Salam buat ibu, jangan sampai ketahuan bapak. Semoga bermanfaat~

About these ads

73 thoughts on “New V-ixion VS CB150R (lagi) (+data!)

  1. Di warung pertamax komparisi GPS.. Pertamax hanya mengambil kutipan dari sumber..bukan mengetes sendiri.. Mending nunggu pengetesan GPS dari TMC,IWB.. lebih terpercaya blog yg tidak memihak..

  2. kayaknya imbang nih motor soal performa, tapi tiap pabrikan punya ciri khas n kelebihan masing2. sesuaikan ama kebutuhan aja klo gitu

  3. RX king setuju…………………xixixi
    Data Dyno dah ada buat yg punya nyawa serep ngedrag dijalan

    NVL….. peak power 14,32 HP @ 8224 RPM
    CB150SF.. peak power 14.13HP @ 11100 RPM
    dah ketauan karakter masing2 motor.. RPM optimal diberapa

  4. jangan liat speedo km/jam nya. Pasti ada penyimpangannya.
    Tapi liat jarak tempuh 100, 201, 402 m ….. 7, 11,1, 18,2 versus 7,1, 11,3, 18,4 detik …….. DOHC Kw2 kah ??

  5. tp kang IWB ngetest new vixi 0-97kpj ± 9 detik bro pdahl bobot tester 80kg . . .lh kq beda jau ama otomotif.net 13.1 detik masak 3kpj butuh 3 detik. . . .ada videonya test akselerasi diblog IWB

  6. Udah ada yg ngetest dg GPS ni…. :
    - top speed cb150r 138 km/j on speedo…….di GPS 118 km/j (deviasi 14 %)
    - top speed NVL cuman 130 km/j on speedo…di GPS 122,9 km/j (deviasi 5,3 %)
    ….cb140r harus lari 145 km/j on speedo utk bisa menang lawan NVL…. :P

  7. Data dari Dyno tempat laen malah Cb ga tembus 14
    ————
    Anda terkejut? Sama dong! Bahkan kami sampai mengukur di dua tempat berbeda. Pertama di-dyno milik Aerospeed, Jl. Haji Nawi 74, Jaksel. Kedua, di Sportisi Motorsport, Jl. Tenggiri 4A Rawamangun, Jaktim. Ternyata hasilnya identik, tetap lebih besar V-Ixion.

    Tepatnya di dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi tenaga V-Ixion 14,17 dk pada 8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm. Kedua motor kondisi standar pabrik dengan bahan bakar yang sama.

    ——————

    http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/18/337796/36/13/Komparasi_New_V-Ixion_VS_CB150R__Performa_Bikin_Bimbang

    • waduh –’ pake apa ya, kalo nmp sih bisa pake visor cs1. mungkin bisa juga diaplikasi ke cb, tapi masalahnya kepala cb lebih kecil dibanding nmp, mending nunggu variasi tameng cb dijual di pasaran

  8. tapi beberapa teman saya yang sudah punya new vixion malah mengeluhkan tentang desain dan performanya, pas dia pake di jalanan langsung
    info aja,saya ga pro keduanya

  9. 1.CB150R -> DOHC (Double overhead canshaft),6Speed,mengunakan Radiator, sudah memiliki Engine Balancer,Power yg disemburkan; on crank (17 ps) -> dan on wheel (14ps), Limit rpm 11.500rpm, Top speed 135 KM/H (on speedo) -> 125KM/H (on GPS), Tipikal engine Overbore, menggunakan Bahan bakar (Pertamax) dan jenis motor Nakedbike.

    2.NewVixion -> SOHC (Single overhead canshaft),5Speed,Radiator, Power on crank (17ps) -> dan on wheel (14ps), Limit 10,500rpm, Top speed 133KM/H (on speedo) -> 125KM/H (on GPS), Tipikal engine oversquare, Bahan bakar (Pertamax) dan jenis motor Nakedbike.

    3.NewSatria F -> DOHC,6Speed, masih menggunakan Oil Coller, Power on crank (16ps) -> dan on wheel (11ps), Limit 11.000rpm, Top speed 135KM/H (on speedo) -> 120KM/H (on GPS), Tipikal engine Overbore, (Pertamax) dan jenis motor Bebek sport.

    Rincian Tambahan;
    on crank= power yg dihitung melalui mesin langsung. sedangkan on wheel= power yg dihitung melalui roda belakang, dan biasanya power asli motor di hitung on wheel krn lebih akurat. jadi jangan tertipu dg brosur.

    on speedo= kecepatannya tidak akurat, krn telah setting oleh team pabrikan motor. sedangkan on GPS sangat akurat.

    ok smoga membantu..

  10. Secara teknis, mesin DOHC (apalagi overbore) memiliki karakter ganas di putaran tinggi dan mesin SOHC (apalagi overstroke) semestinya garang di putaran rendah.

    Betul Bro,,, selain itu perlu diperhitungkan PWR,,, CR,,,, dan asupan jenis BBM nya juga,,, hehehe,,, CMIIW

    Terima Kasih Bro

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s