Sedikit Ulasan Mengenai Honda New MegaPro

Honda New Megapro merupakan senjata terbaru yang diluncurkan oleh pabrikan sayap mengepak (H*nda) yang menggantikan Megapro lawas. Desain dan mesin sama dengan CB Unicorn Dazzler yang sudah lebih dahulu mengaspal di India. Meskipun menyandang nama “Megapro” tapi mesinnya jauh berbeda dibandingkan dengan mengapro lawas. New Megapro dipersenjatai mesin XRP (Extra Responsive Performance) dan didukung oleh TPS (Throttle Position Switch) serta CDI dengan 12 mapping pengapian. Meskipun CC-nya menurun (megapro lawas 160cc sedangkan New Megapro 150cc) tapi New Megapro justru mampu memuntahkan tenaga yang sedikit lebih besar dibandingkan megapro lawas.

Berhubung di rumah saya ada New Megapro dengan angka kode di bagian bawah plat nomor |  02 17 | *masih gresss… Maka saya akan ulas sedikit tentang performa motor ini.

AKSELERASI

Akselerasi dari 0-60km/jam dapat diraih dalam waktu singkat. Performa New Megapro menurut saya sangat cocok untuk jalanan perkotaan yang membutuhkan akselerasi untuk selap-selip.

HANDLING & RIDING POSITION

Setang New Megapro memang cukup lebar (mungkin untuk beberapa orang sangat lebar) memudahkan saat menikung, namun agak menyulitkan ketika berkendara di jalanan ramai. Posisi footstep depan terasa seperti motor bebek, sehingga terkesan kurang macho untuk sebagian orang, namun ini justru memberi kenyamanan lebih saat berkendara jarak jauh.

DESAIN

Headlamp beserta batok depan mungkin terlihat terlalu besar. Sirip depan juga agak nanggung. Sedangkan di bagian buritan ada Stoplamp yang dilengkapi dengan lampu penerang plat nomor di bawahnya. Lampu sein telah mengadopsi yang serupa dengan milik CBR. Selain itu ada cakram belakang (khusus tipe castwheel) dan panel yang dilengkapi speedometer digital.

TOPSPEED

Inilah yang mungkin banyak dikeluhkan oleh rider NMP. Topspeed NMP umumnya berkisar antara 115-125km/jam (meskipun ada video dari India yang merekam CB Unicorn Dazzler sanggup menembus 127 km/jam). Mungkin NMP memang didesain lebih kearah motor “touring” ketimbang “racing”.

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s