Bedah Performa New MegaPro

Honda New Megapro. Meluncur di tahun 2011 untuk menggantikan sesepuhnya yang sudah harus pensiun dari jagat sepeda motor batangan. Dengan desain yang cukup impresif tapi tidak terlalu heboh. Lalu bagaimana dengan performanya? Mari kita kupas~

Gas diputar sedikit, motor langsung meluncur~

Kesan pertama saat menaiki NMP cukup membuat saya puas. Mesinnya responsif dan exhaustnya bersuara halus. Tidak perlu membuka gas terlalu dalam, motor langsung meluncur~

Akselerasi yahud~ tapi rasio gear terlalu pendek

Saat gas ditarik tiba-tiba, motor langsung ngacir. Namun baru saja saya menikmati akselerasinya tiba-tiba mesin sudah mulai teriak dan meminta untuk mengoper gigi. Wah wah wah… Untuk motor seperti NMP rasanya agak kurang jika rasio gearnya terlalu pendek seperti ini. Bahkan kalah panjang jika dibandingkan dengan Shogun SP saya. Pada kecepatan 80km/jam saja mesin sudah berteriak dan saya sudah harus mengoper gigi 3 ke gigi 4. Di kecepatan yang sama Shogun SP masih bisa dipaksa berlari dengan gigi 2.

Topspeed??? No No No…

Sampai saat ini saya belum mengetes topspeed NMP. Namun dari perhitungan secara matematis tampaknya NMP hanya bisa berlari di kisaran 120-130 km/jam. Perhitungan ini saya dapat dari memperhatikan laju perubahan rpm berbanding dengan laju perubahan kecepatan. Misalnya pada gigi 5 (gigi terakhir) jika berada pada kecepatan 50 km/jam maka rpm akan menunjuk tepat pada angka 4. Dan dari video yang saya lihat di youtube rpm NMP akan mentok berteriak pada 10.000rpm. Jadi dapat diperkirakan bahwa topspeed NMP yaitu 50kmjam : 4.000rpm x 10.000rpm = 125km/jam.

Demikian ulasan Bedah Honda New Megapro dari saya, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentarrrr~

