Minerva R200, Akurasi Speedometer VS GPS. Akurat!

Beberapa hari yang lalu saya sempat mengetest akurasi speedometer Honda New Megapro. Sebenarnya dalam test tersebut saya juga melibatkan teman yang kebetulan seorang rider Minerva R200. Dan karena penasaran, akhirnya dia ikut melakukan test akurasi speedometer. Berbekal sebuah Galaxy Tab yang dimasukan kedalam tas, ia pun mengaktifkan aplikasi Speedview seperti yang saya gunakan sebelumnya.

 

Lokasi yang digunakan adalah Jl. Raya Tegar Beriman, Cibinong. Tanpa banyak basa basi ia pun membetot gas dan meninggalkan jauh saya dan si NMP yang masih inreyen di belakang. Di ujung jalan ia mengeluarkan Tab-nya. Dan terbaca topspeed di gps adalah 68. Wah wah… Padahal sudah segitu kencengnya kok cuma 68??? eetttt… tunggu dulu! Ternyata settingan di Speedview teman saya ini masih berupa mph (mile per hour). Hmmm… Jika dikonversi ke km/jam yaa harus dikalikan 1,6 jadi 68 x 1,6 = 108,8km/jam. Yaa not bad lah~ Tapi sayangnya, teman saya lupa berapa angka yang terbaca di speedometernya –”

Setelah itu kami saling bertukar istri eh salah, maksud saya tunggangan, alias motor~ Tadinya saya tidak berniat untuk mengetest performa R200 ini. Namun karena justru ditawarkan oleh teman, akhirnya saya tarik saja gas si Mimin R200 ini. Wuussshh~

Performanya sangat baik, jauh dari kesan buruk Minerva di mata orang awam. Memang sih si Mimin ini sudah mengalami penggantian CDI dan beberapa modifikasi lain (tapi cc masih 200 seperti standart). Akselerasinya agak lambat di awal start, namun justru beringas di kecepatan tinggi. Baru saja mengoper dari gigi 3 ke gigi 4 speedometer sudah menunjukan 95 km/jam. Wah wah… Meskipun cuma 95 tapi rasanya seperti 110 di Shogun SP saya –” akhirnya saya memutuskan untuk tidak menambah kecepatan lalu berhenti menepi.

Tiba-tiba saya teringat, HP saya masih disaku dan aplikasi Speedview masih menyala. Wah, pasti kebaca nih speedtest nya si Mimin barusan. Dan hasilnya sungguh mengagetkan! Terbaca 96km/jam! Weleh-weleh… ^^ ini baru namanya speedometer!

Padahal tadi saya hanya menahan laju motor di kecepatan tersebut kurang dari 20 detik. Mungkin hasil yang terbaca di Speedview bisa lebih jika saya menahan lajunya lebih lama. Sebagai contoh ketika saya mengestest NMP dengan Speedview pada kecepatan 70 km/jam di speedometer namun hanya terbaca 64 km/jam di Speedview. Kemudian saya mencobanya lagi di kecepatan yang sama namun saya menahan lajunya sekitar 1 menit. Hasilnya terbaca 67 km/jam.

image

Sekian, semoga bermanfaat~

Satu pemikiran pada “Minerva R200, Akurasi Speedometer VS GPS. Akurat!

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s