Yamaha V-ixion. Speedometer vs GPS

Siang ini saya melakukan test akurasi speedometer (lagi :b). Objek penelitian kali ini adalah Yamaha V-ixion milik teman yang berdomisili di Pasarminggu. Tanpa banyak cingcong, kami langsung tancap gas~

Cuaca tampak mendung, menyebabkan respon gps mencari satelit menjadi agak lama. Biasanya cukup 1-2 menit langsung bisa terhubung ke satelit. Namun kali ini butuh waktu 5 menit. Setelah terkoneksi barulah test bisa dimulai. Lokasi yang di gunakan adalah daerah padat penduduk lalu lintas. Yaitu Jl. Ragunan, Jl. Tb Simatupang, dan Jl. Pasarminggu.

Keramaian lalu lintas membuat si Vixy Biru terpaksa harus merayap perlahan. Barulah ketika memasuki Jl. Tb Simatupang situasi mulai lancar. Di speedometer terbaca 50 km/jam. Sedangkan di gps 44 km/jam.

Pengetesan berlanjut dengan bentrok berbelok ke arah pasarminggu. Kebetulan sekali kami melintas di saat palang pintu perlintasan KRL sedang menutup. Otomatis lalu lintas menjadi sepi karena tidak ada arus dari putaran poltangan.

Si Vixy dibetot. Speedometer dengan cepat naik ke angka 80 km/jam. Tapi angka yang terbaca di gps belum stabil karena Si Vixy masih berakselerasi. Barulah ketika mencapai kecepatan 100 km/jam (di speedo) gasnya dipanteng. Lalu bagaimana dengan yang terbaca di gps? Ternyata 86 km/jam! Perlahan speedo si Vixy berakselerasi ke 105 km/jam lalu dipanteng lagi. Yak, terbaca 90 km/jam on gps! Biarpun cuma terbaca segitu, tapi sudah mengasapi Vario yang tampak sudah pol-polan.

Sayangnya hujan turun, kami pun memilih menghentikan test kali ini. Untuk selanjutnya saya berniat untuk mengkomparasikan Vixion vs Minerva R200 vs New Megapro lewat Drag race.

Sekian, semoga bermanfaat~

6 pemikiran pada “Yamaha V-ixion. Speedometer vs GPS

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s