New Megapro VS V-Ixion | Mana yang lebih asoy?

Penunggang V-ixion: “Udeh laaaah, V-ixion lebih keren, mesinnya injection, yang lain nggak bisa ngikutin~”

Pengendara Megapro: “Kate siape? Kerenan Megapro lah, The Real Street Fighter~”

Begitulah kira-kira perdebatan antara 2 orang rider yang sama-sama dilanda waham kebesaran akan sepeda motor tunggannya. Mungkin banyak juga diantara bro-bro sekalian yang penasaran tentang komparasi kedua motor ini. Yaudeh, kagak usah banyak cingcong, monggo dibaca sambil ngupi, biar asoy~

Motornya aja bisa akur, kok ridernya nggak? :b

Motornya aja bisa akur, kok ridernya nggak? :b

Baca juga komparasi NMP dengan sesama motor batangan Honda:

Duel Pabrikan Sayap Part 1: NMP vs Tiger

Duel Pabrikan Sayap Part 2: NMP vs Tiger (lagi)

(masih) Duel Pabrikan Sayap part 3: NMP vs CB150R

Baeklah, mari kita kupas pelan-pelan. Dari segi tampilan Yamaha V-ixion terlihat masih sangat bejaban dengan Megapro meskipun V-ixion lahir lebih dulu dibanding Megapro. Yaa sebenernya ini kembali kepada selera masing-masing lah. Dari segi fitur, Megapro unggul karena sudah memiliki Panel semi-digital , pengaman kunci kontak, dan cakram belakang. Sedangkan V-ixion unggul di spesifikasi mesin, karena sudah injection dan berpendingin cairan.

Shroud depan Megapro, sangat khas~

Shroud depan V-ixion, lebih menyudut~

Panel instumen Megapro, menganut tipe semi-digital

Panel instrumen V-ixion, menganut tipe analog~

Rem belakang V-ixion, masih tipe tromol~

Rem belakang Megapro, sudah cakram~

Seperti motor batangan pada umumnya, V-ixion dilengkapi Engine Stop.

Megapro nggak punya engine stop…

Layaknya motor-motor sekarang, Megapro mengaplikasikan secure key shutter / pengaman kunci kontak

V-ixion masih menggunakan kunci kontak biasa

Mesin V-ixion, polos tanpa sirip-sirip, karena sudah liquid cooled~

Mesin Megapro, memiliki sirip-sirip guna memaksimalkan pendinginan, karena masih air cooled~

Gimana? Cukup? belooooom~ belum afdhol rasanya kalo belum di  compare dari segi performa. Untuk itulah saya mengetes kedua motor ini satu persatu. Baik Vixion maupun Megapro saya jajal beberapa kali di trek sepanjang 600 meter. Bagaimana hasilnya? Cekidot bero~

Jajal tarikan V-ixion di trek 600 meter, tembus 125km/h di speedometer V-ixion. Terbaca di aplikasi Speedview 110 km/h.

Jajal tarikan Megapro di trek yang sama, tembus 117km/h di speedometer. Terbaca di aplikasi Speedview 109km/h

Pengetesan dilakukan di jalan Tegar Beriman, Cibinong. V-ixion saya tes lebih dahulu pada pukul 7 pagi. Sedangkan Megapro pukul 8. Saat mengetes V-ixion semua berlajan dengan lancar, situasi lengang dan memadai. Sedangkan saat mengetes Megapro saya harus beberapa kali gagal karena lalu lintas sudah agak ramai. Akibatnya saya harus putar balik beberapa kali ke lokasi. Karena itulah jarak tempuh yang terbaca di odometer Speedview hanya 3 km untuk V-ixion dan untuk Megapro 9km. Data yang diambil adalah data hasil pembacaan yang terbaik.

Untuk masalah performa, Megapro terasa hanya menyisakan sedikit nafas saat pengetesan. Sedangkan V-ixion tampaknya masih bisa naik lagi namun sangat lambat. Akselerasi Megapro terasa menyentak dari mulai start hingga kecepatan menengah, namun perlahan mulai nge-drop ketika memasuki kecepatan tinggi. V-ixion pun hampir sama, perbedaannya, dengan karakter gigi yang lebih panjang, akselerasi awal-menengah V-ixion terasa kurang menyentak dibandingkan Megapro, namun masih menyisakan nafas di kecepatan tinggi.

Jadi, untuk masalah mana yang lebih asoy. Bisa dikatakan bahwa Yamaha V-ixion unggul dalam performa di kecepatan tinggi. Sedangkan Megapro lebih memiliki karakter untuk berakselerasi. Tapi terlepas dari itu, semuanya kembali kepada pilihan bero-bero sekalian~

 

Sekian postingan dari saya kali ini. Mohon maaf jika ada salah. Semoga bermanfaat~

44 pemikiran pada “New Megapro VS V-Ixion | Mana yang lebih asoy?

  1. V-XION KETINGGALAN JAUH SAMA MEGAPRO TH 2005….(SAMA2 SUDA CUN UP)

    V-XION GAK ADA APA2NYA,,,

    ONE HERT BUAT HONDA,,,

    DI DUNIA ROAD RACE SAMA MOTO GP HONDA LAH PLEMANNYA,,

    BUAT YAMAHA MAKIN KETINGGALAN LAGI,,,

    HAHAHAHAH

  2. saya pake New Mega Pro, saya mengakui klo kecepatan New Mega Pro emg kalah dengan V-Xion..
    tp klo Mega Pro keluaran sbelumnya V-xion kalah jauh dgen Mega pro.
    secara Mega Pro keluaran lama 160cc.

  3. Koq nmp ane kebalikannya bro, kl adu akselerasi sm vixion kalah mulu, ya walau tipis sih,apa ane ga iso shifting gear nya, wkkk..
    Tapi selama hampir 3 taun pake nmp, tiap kali adu top speed sama vixion ga pernah kalah (maaf bukannnya nyombong hehehe, tp pengalaman aja n ritual pentok gas ane lakuin tiap minggu lewat pantura). Dan memang rata2 di 115an km/jam di speedo nmp, vixion mulai bisa ditinggalkan, nmp ane sendiri cm mentok 121km/jam dah kena limiter.
    Satu kekurangan nmp ane saat ini, suka limbung kl lewat jalanan jelek, rencana mo ane jual nih motor, ngiler sama BRA.

  4. Memang kayaknya produk yamaha speedometer nya kelewatan ngaco semua. NJMX temen saya pernah jajal ama cs1 ane baru 96 kpj spido, NJMX dah lewat, padahal temen ane bilang dia sudah berada diatas 100 kpj waktu ane salip.

  5. gan kalo masalah harga second belum di compare nih…ane lagi milih2 gan,megapro atu pixen,70 % tertarik megapro,kalu harga lebih murah megapro 10000000000 % dah buat megarpo

  6. masalahnya ada di bobot, ya tau sendiri vixi old berat kosong nya 117kg, sedang nmp 138kg,
    saya sendiri sampe rpm sampe limiter cm dapet 120kpj, tp gak ada pict secara jalannya di jalur lintas sumatera yg terkenal banyak lubang (kondisi motor standar)

  7. semua tergantung inreyennya, perawatannya, dan kesehatan motor masing2..
    masalah top speed ane masih jagoin nmp bro, nmp emg rada aneh bro, kalau shift gearnya pas tenaganya ngisi terus jd top speednya pun juga beda, kalo shiftnya nggk pas bakalan gerung2 mesinnya nggk enak blas.. karakter ke 2 nya juga beda vixi di kitiran bawah – menengah ngisi banget tenaganya.. sdgkn atasnya masih ngisi nmp.. kentara banget om speednya, di rpm yg sm pd putaran bawah vixi sm nmp speed nya bakal tinggi vixi.. (contoh : di 5000 rpm gear 1 vixi udh 23 kpj tp nmp baru 20 kpj) dan setelah gear 1 kena limit speed ke 2 nya sm di 40 kpj.. jd menurut ane top speednya identik antara ke 2 nya.. bisa di bilang nmp menang speed di atas gps sdgkn vixi di speedo..

  8. Yg suka vixon banggain vixion…
    Yg suka mega pro banggain megapro…..
    Jgn pd jelekin mtor org…ckup banggain mtor ndiri ndri ja…akur….

  9. vixi menang jga krna ban lbih kcil n bobot lbih ringan dr nmp klo sma2 jga keok si vixi

    mkin panas si vixi mkin kedodorn mkin kasar msin pngalamn pke vixi kwan

  10. prnh ma 2 old vixi kalah tp ane boncengan dy sndri ane prtma mimpin bru vixi bsa nyalip krn ane kurangi gas lw sm nvl sma2 boncenger ane bsa tggl jauh tu..

  11. yang benar ajaa , masa Vixion Pertama keluar dari megapro
    megapro yang lampu bulat pertama keluar pada tahun 2004
    sedangkan vixion keluar tahun 2007

Silahkan berkomentarrrr~

