Test Akurasi Speedometer Supra X 125 vs GPS

Supra X 125, bisa dibilang adalah motor sejuta umat. Terlepas dari fitur dan performa yang tampaknya “biasa”, namun fakta membuktikan bahwa data penjualan motor yang satu ini benar-benar “luar biasa” dan menjadikannya “Rajanya Bebek”. Nah, kali ini saya akan mengulik-ngulik fakta tentang keakuratan speedometer sang raja. Bagaimana hasilnya??? Monggo dibaca~

Supra X 125biru-hitam punya konco… Masih gressss~

Untuk pengetesan kali ini, unit yang dipakai adalah Supra X 125 milik teman saya. Karena di rumah saya nggak ada Supra :b Untuk GPSnya sendiri saya mengggunakan aplikasi speedview for android #maaf #bukanmaksudpromosi Pengetesan dilakukan sekitar pukul 16:30. Lokasi yang digunakan adalah Jl Raya Lenteng Agung, tepatnya mulai dari depan KFC, berputar di flyover dekat pintu masuk ui, lalu kembali lagi ke depan KFC~

persiapan sebelum take off… ready, set, go!~

Pengambilan data dilakukan dengan cara berboncengan (teman saya di depan, saya di belakang megang gps) dan kemudian “memanteng” si supri selama beberapa detik di kecepatan 20; 40; 60; dan 80 km/jam hingga pembacaan di GPS yang saya pegang stabil. Nah, bagaimana data yang terpampang di GPS??? Cekidot~

Pada kecepatan 20 km/jam versi speedo, GPS menunjukan angka 17 km/jam

pada saat speedometer menunjukan angka 40 km/jam, GPS menunjukan angka 35 km/jam

kecepatan versi speedo 60 km/jam, di gps 51 km/jam

pada saat speedometer menunjuk angka 80 km/jam, di gps terpampang 69 km/jam

Dan berikut adalah grafik perbandingan sederhana antara speedometer supraX125 dengan GPS:

Awalnya kami berniat juga untuk mengetest seberapa kencang si supri mampu digeber dan membandingkannya dengan gps. Namun apadaya, pada jam-jam tersebut merupakan “traffic jam” dan suasana lalu lintas cukup padat. Sehingga si supri tidak bisa digeber hingga mentok. Mungkin lain kali jika ada kesempatan sayaakan memposting tentang kecepatan max si supri versi gps.

Okelah, sekian dulu posting dari saya kali ini, mohon maaf jika ada salah, semoga bermanfaat~

11 pemikiran pada “Test Akurasi Speedometer Supra X 125 vs GPS

  1. Asyiknya berandroid, hehehe. pakai software nya BB malah ribet. Yah, sayang banget cuma ampe 80. Padahal ane juga pingin tau bro, kalau di speedo Supra 125 nunjuk 100 kpj, di gps dapet berapa 🙂

      • 120 = orangnya sendirian yg naek anak sma imut
        110= sendirian orang mahasiswa
        100=boncengan itupun lamaaaa kadang malah 95
        semua versi spidometer
        ———
        speed supra sangat tergantung bobot ridernya, kalo anak kecil kencang kalo orang dewasa agak terasa beratnya tarikan mesin. tarikannya bisa kalah ama vega 110cc lawas(kalo boncengan) tapi top speed mengan supra

  2. mosoook, supra x 125 2009 berat ane 74 kg, anak 25 kg, istri 50 kg, bertiga masih bisa lari kencang, vega r mah gada apa2 nya, paling giar belakang cepat ompong, sama baut2 foot step ilang dua, vega r selevel sama supra x 100 cc dua2nya jago tanjakan, ga level supra x sama vega r, kalo mx 135 jelas oke punya, walaupun bunyi mesin klotok2 tapi kenceng banget.

Silahkan berkomentarrrr~