Pengguna NMP? Yuk, Sharing Pengalaman Disini~

Ente pengguna NMP a.k.a New Megapro? Sudah berapa banyak cerita yang ente lalui bersama dirinya? #asikdah

2012-09-14 14.01.06

Saya sendiri masih tergolong newbie untuk kategori rider motor batangan. Tapi untungnya sejak lulus SMP saya sudah terbiasa mainin kopling akibat sering mengangkangi Shogun SP. Jadi nggak canggung lagi lah pas nyempak NMP. Sedangkan bro-bro sekalian mungkin banyak yang lebih senior dalam hal mengendarai motor batangan dibanding saya. Tapi, mau senior ataupun junior, yang namanya sharing nggak dilarang kan? :b

Okelah kalo begitu. Jadi begini, sejak bulan februari 2012 ane resmi menjadi penunggang NMP gantian sama babeh, meskipun babeh lebih doyan bawa SP, enteng soalnya :b). Kesan pertama yang ane dapat dari motor ini adalah: berat (yaiyalah, SP cuma 108kg, NMP 132kg), giginya pendek-pendek (gigi satu SP bisa 45km/jam, NMP 25km/jam aja dh ngeden-ngeden), tapi ganteng (di depan cewek, bawa NMP lebih josss ketimbang bawa SP)… Sejak kilometer 0 sampai 1200 ane nggak pernah bawa NMP ngebut, hingga pada akhirnya ane nggak kuat menahan rayuan dari temen-temen yang ngajakin ngadu (bisa dibaca disini dan disini). Yowesss… Akhirnya di kilometer 1200sekian si NMP ane bawa lari untuk pertama kalinya. Kesan yang ane dapat ketika pertama kali membawa NMP buat lari adalah: akselerasinya nyentak (gigi 1-2-3 nya mantab), stabil (yaiyalah, biasa bawa SP yang notabene bebek yaa beda jauh kestabilannya), tapi topspeednya loyo (rata-rata ane cuma bisa tembus 116-120 km/jam).

Kalo dibandingkan dengan motor lain, ane rasa peforma NMP nggak terlalu gahar tapi juga nggak terlalu lemot. Berdasarkan pengalaman ane, tarikan NMP masih bejaban melawan V-ixion, Tiger, bahkan Satria Fu (sebelumnya mohon maap kepada penunggang macan, piksen, maupun ef yu), asalkan treknya bukan tipe trek lurus panjang. Karena seperti yang ane katakan tadi, topspeed NMP loyo. Bahkan lebih loyo dibanding Jupiter MX atau CS1 sekalipun. (Nggak percaya? monggo di test langsung~)… Pengalaman paling mantab bagi ane adalah ketika mencoba nguber NSR (wah, ini mah nggak tau diri, NSR kan 2 tak cooooy~), meskipun sudah cukup terbantu dengan treknya yang meliuk-liuk dan minimnya trek lurus panjang (Jl Keradenan, perempatan Cibinong s/d pertigaan Jl. Raya Bogor), tapi memang… NMP bukanlah tandingan untuk motor sebangsa NSR :b

honda nsr, pics from google.com

 

Sedangkan dalam hal nanjak-menanjak, NMP sebenarnya bukan tipe motor yang kuat narik. Pernah ane ke puncak bareng temen, yang satunya pake V-ixion, yang satunya pake Minerva R200. Di tengah perjalanan tiba-tiba ada CBR250R yang nyalip dengan raungan khas knalpot freeflow. Walhasil, temen ane mendadak ngintilin itu CBR, tapi ane nggak ikutan. Kenapa? Nggak, nggak, nggak kuat~ Kerasa nggak narik ditanjakan bro… Memang, torsinya kecil (cuma 12,8 Nm / 6.500 rpm, bandingkan dengan V-ixion yang torsinya 13,1 Nm / 7500 rpm) dan bobot kendaraan pun berat (132kg, V-ixion 125kg). Sedangkan Minerva R200 sendiri speknya ane kurang tau, tapi insyaallah torsinya lebih gede dibanding NMP, wong 200cc kok :b ~ singkat cerita, ane dan 2 ekor mahluk sableng penguber CBR itu ketemu lagi di tempat yang sudah dijanjikan, tepatnya di deket pos polisi puncak pass. Lalu apa kata mereka? “Bisa sih gw tempelin, tapi susah banget nyalipnya”. Yaiyalah, wong CBR250R kan 250cc, 1 silinder, nggak heran kalo torsinya juga badak…

cibier250errr... pics from google.com

cibier250errr… pics from google.com

 

O iya, satu lagi. Ane merasakan ada keunikan tersendiri ketika tarik-tarikan pake NMP. Jika kurang sempurna dalam shifting (oper gigi) maka akan terasa ada jeda yang menghambat kala NMP berakselerasi. Tapi jika shiftingnya perfect (ane jarang-jarang kaya gini) tarikan NMP akan terasa nyambung terus, dahsyat lah pokoknya. Jelas, perbedaan karakter shifting dipengaruhi oleh skill ridernya. Dan sampe sekarang ane pun masih kurang faham dan belum menguasai dalam hal yang satu ini.

Well, yang bisa ane simpulkan adalah NMP bukan motor yang sempurna (yaiyalah, nggak ada yang sempurna :b). Dengan harga 18-20jutaan ente hanya akan mendapatkan motor dengan tenaga seadanya, spesifikasi seadanya (katanya sih jadul, mesin turunan gl, untung mapping cdinya ada 12kurva, jadi tarikannya lumayan responsif lah), dan desain yang nggak semua orang suka (shroud depannya itu lho… katanya jelek, tapi cewek ane nggak mempermasalahkannya kok, jadi.. masalah buat loe? :b)… Dengan duit segitu pun ente sebenarnya bisa memilih Byson yang lebih gagah (ane dulu sempet kepincut Byson lho), Satria FU yang kencang nan ringan (emang beneran kenceng nih motor), Pulsar 220 yang tenaganya jauh lebih gahar (coba aja adu, NMP pasti klepek-klepek lawan Pulsar220 :b), atau kalo nambah dikit lagi ente bisa beli CB150R StreetFire atau New V-ixion.

Okelah kalo begitu, buat bro-bro lain yang punya pengalam seputar NMP silahkan berkomentarrrr, itung-itung berbagi pengalaman coy~, sekian posting dari saya kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan, semoga bermanfaat!~

67 pemikiran pada “Pengguna NMP? Yuk, Sharing Pengalaman Disini~

  1. Menarik banget gan sharingnya
    Yup ada plus minusnya, well emang NMP lebih ke faktor kenyamanan sih yg ditonjolkan, meskipun sedikit nyaman old MP 😀
    Performa sih menurut ane lumayan, meskipun ane gk punya, lari 80-110 masi lumayan cepet dan speed itu dah cukup untuk di kota dan pinggir kota
    Plusnya lagi emang peforma masi lebih baik dari rivalnya si byson, tapi byson unggul di handling dan model yg lebih sedkit keren imho
    Top speed diadu ama njmx dan cs1? Sepertinya ketika ane seliweran nmp ama njmx masi bejaban mas, njmx juga gk oke2 amat atasnya, karakter njmx lebih ke torsi bawah plus dibantu bobotnya yg enteng dan napas atas juga emang kurang dibanding cs1 dan fu yg sama2 bebek tengil,rata2 ane make njmx rekan juga cuma tembus 115-118kpj gk bisa nyentuh tepat 120 kpj jarumnya dengan bobot ane yg 73kg
    Yg bisa nembus dan melewati 120kpj selama ane make motor rekan dan family ya tigor, vixion, king, cs1, ama fu

    Oia mas, yg lupa di share ama artikelnya bagaimana konsumsinya bbm nmp?
    Hehe

  2. salam kenal bro,sy juga pemakaian NMP tahun 2011 selama ini masih lancar jaya….untuk top speed ane pernah mentok 125 km/jam untuk shifting gear mgkin di RPM 6000an ( pas mau mesin terputus CDI ),untuk nyaman nya TOP dah ga pegel jakarta-bandung tiap minggu dengan bensin habis 25.000 ( sy ga cek berapa kilonya ).
    Saya pernah coba ma pulsar 180 adik di cikarang ( jalur alternatif seperti jalan tol ) panjang track nya hampir 10KM lurus awal 300M NMP menang terus habis top speed n Pulsar 180 masih ngikutin perlahan n menyalip di sekitar 130km/jam lah pulsar nya. untuk nyaman lebih NMP karna stang pulsar 180 UG4 lebih menunduk dan sangat berat.
    Mungkin itu aja sharing dari saya.
    * Untuk akselerasi saya masih pegang VIxion tapi untuk top speed NMP lebih bagus

    • Mungkin rpm 9000an kali mas –‘ soalnya seinget saya limiter nmp ada di kisaran 10000an.
      Btw rasanya v-ixion topspeednya lebih dari nmp deh, tapi nggak tau juga sih –‘wong saya belum pernah h2h sampe pol2an lawan v-ixion :b

  3. @daivan
    Oh salah bro di RPM 8000an krn klo menjelang kena limiter power cenderung turun.
    saya punya link dimana NMP mengalah Vixion dengan Spek Standart pabrik

  4. klo kenyamanan sih mnrt ku lbh nyaman thunder ma vixy bro (krn aku make thunder…hehehehe..)

    minjam NMP kawan yg bikin gg nyaman itu posisi badan yg terlalu tegak….klo utk ngebut kurang pas gitu….oper gigi di garis merah bro/redline biar ngisi terus powernya..

  5. Nice, untuk mesin 4 tak itu terdiri dari 2 jenis yaitu SOHC dan DOHC, pelajari dulu mengenai hal ini jika ingin membandingkan performa mesin, contoh..FU itu masuk DOHC, yang berarti tenaga akan lebih besar dari SOHC , jika tenaga dan torsi mesin seperti Badak akan tetapi di bungkus dengan bodi ringan, mungil, apakah akan stabil jika di bawa lari 100 s/d 120 km / jam ? Begitu juga sebaliknya..jika mesin mengusung bendera SOHC, dan berpakaian kekar seperti baja hitam …apakah bisa lari kencang ? Intinya banyak faktor yg harus dilirik untuk membuat suatu perbandingan, seperti faktor kompresi, kubikasi mesin, ratio gear, tipe mesin (injeksi atau tidak), jenis motor {touring(NMP,Byson) –Sport ( CBR,Vixion,CB150R)}, knalpot, dll dsb . Jadi intinya jika memang ingin menjadi yang tercepat di kelas 4 Tak, pilihlah mesin yg berlabel DOHC, tenaga sudah pasti besar otomatis speed diatas rata2…Salam Biker

  6. Tadi siang, pas di lampu merah jalan kaliurang,saya d posisi 2, depan saya ada smash titan,megapro primus,ninja150,vixion. saya tepat di belakang ninja,pas lampu ijo ninja ngacir,saya lsg betot gas, vixion,titan,megapro lsg panik liatin saya ngacir trus ikut2 betot gas,untung aj jalan di dpn agak rame hahaha.. Salam rider nmp! visit blog saya..

  7. nmp memiliki body berat plus gear ratio yang pendek, otomatis topspeed tertahan. coba ganti ban yang seukuran dengan vixion dan gear ratio nya yang agak berat, topspeed dan nafas bisa meningkat.kenyamanan dan ketahanan ok banget.

  8. kalo ane sih, pribadi sudah sangat puas sama peforma NMP sekarang, kalo bilang gak puas, kesannya gak mensyukuri :mrgreen:

    lagian ane bukan speedfreak, hanya rider biasa

  9. udah lah mendingan CBR150 new aja ketauan lebih bagus buatan honda thailand, daripada AHM kualitas ga terjamin, jelek.

  10. Ane pengguna nmp jg bro…
    Top speed emang loyo tp gmpang dicapai.. Kl dbndingkan njmx sih, g cocok, nmp didesain untuk stop n go. Akselerasi nmp jauh lbh cpt, top speed mx emang lbh tinggi, cma lma dicapainy.. Trgntung kbutuhan, kl nmp ny pngen top speedny nmbah, y gnti aja ratio gearny 15:40 atau 14:38
    Nmp ane dah sdikit maen api, minyak, gas buang. Koil tirev,busi cpr9eb, setel ulang karbu, knalpot freeflow.
    Walhasil, dgn track yg pendek aja gigi 5 dah nyntuh limiter.
    Prnah ditest ma vixi std (mengenyampingkan faktor rider, tp msing2 kan ingin jd yg trdpan), akselerasi dipegang nmp. Top speed msing2 blm trcapai. Nmp nyampe duluan. Blm tau sbrp panjang lg track yg hrus dtmbah bwt overtake nmp. Anyway, faktor rider sngat brpngaruh.

  11. Saya pengguna NMP 2012 dari baru, nunggangin enak, badan nggak capek, tarikan spontan. Anak saya yg cewek terobsesi ama Satria Fu, & alhamdulillah persis tgl 8 Juli kemarin udh ada di garasi. Begitu saya cobain…waduh…….jauh ama NMP, cuma kalo mau salip salip aja lebih enak. Jadi saya tetap NMP terbaik.

  12. ane juga punya NMP,
    kalo pendapat ane lbh banyak minusnya.
    Tapi kalo bwt kenyaman muantap CBR juga kalah kalo soal kenyamanan.
    kalo konsumsi Bbm lumayan irit bng,lbh tahun kmrn ane pulang kampung bbm Cuma Hbs 50 Rb ( kondisi Arus mudik,taulah gmana)
    tapi buat lari ane bisa tembus 128 Km/Jam.
    Demikian komen ane salam kenal

  13. Ane juga punya nmp. Kesan ane nmp tu nyaman & anteng. Shock nya juga empuk (sering di pakek stupi) pokoknya jos. Tapi setelah memasuki usia 1setengah taun. Semua berubah. Mesin kasar(kemasukan pasir mungkin) . Shock keras banget. Tungangan jadi gk senyaman dulu(yaiyalah.. lhawong shocknya keras kayak kayu) jadi dengan ini saya memutuskan untuk tukar motor jadi shogun sp.
    Haha

  14. jangan bandingin speedo meter motor a dengan b coy . kayak temen ane bilang nya motor nya kecepatan maks ny 100km/jam . cuman selisih ma nmp kan . pas coba ane jejerin motor die 100 km jam ane cuman 88 km jam so speedo meter motor ga bisa jadi perbandingan . pake lah je pe es (baca : gps)

  15. Gue pernah make nmp dari taon 2011-2013, itu jg karna dapat jatah motor operasional dr kantor.
    Awalnya gue ogah make ni motor, karna imagenya desain india dan kebetulan gue sndiri udh ada motor mp primus.
    Tp karna itu jatah maka mau nggk mau hrs gue pake, karna kl nggk pake ni mtr gue nggk blh claim uang bensin ke kantor (edisi ngirit coy) he he
    Pada thn pertama (2011-212) bnyk sekali keluhan yg gue alami, mulai dr mesin yg sering mati sndiri saat hujan, smpe ban yg tau tau hamil dan nggk bisa dipake lg.
    Pd taon kedua gue mulai menikmati performa ni motor, kebetulan kerjaan gue dijalanan.rute yg gue tempuh perhari minimal 100km
    Entah knp keluhan nmp yg tadinya sering endut2an dan mati ndiri bs hilang dgn sendirinya.
    Selama 2thn td gue blm prnh nyoba top speed nmp ini,tp sama tmn sekantor gue katanya prnh make dgn top speed 115km/j ,itupun katanya musti dgn trek panjang
    Penasaran dgn tmn gue, akhrnya gue nekad nyoba geber ni motor, alhasil yg gue dapetin 118km/j
    Tarikan awal sprti tdk ada tenaga, mesin sgt halus atau tdk garang sama skali, suspensi keras,tp justru itulah yg jd nilai plusnya, saat kcptn diatas 100km/j motor keseimbangannya stabil skali,(bhkan msh bs smbil sms’an, be he)
    Pernah pula gue geber pd medan yg agan menurun (jalur boyolali-solo) dgn jarak luruus lbh dr 15km bs tembus 124km/j.wuiih trnyata manteb, tp gue nggk prcaya gitu aja sma spido digital nmp ini krna mmg waktu itu tdk ada lawannya
    Hingga akhrnya gue brani iseng. Ada sepasang muda mudi berboncengan naek vixion, gue tempel dibelakangnya.waktu itu kcptn msh 90km/j.tau ada yg nempel tu muda mudi lgsg tancep, angka spido dh tembus 115km/j. Karna gue sndiri and mereka boncengan akhrnya dgn mudh mereka gue lewati
    Hr berikutnya gue iseng lg,tp kali ini dgn pengendara vixion yg jomblo alias sndiri.alhasil nmp kantor saya unggul lg.top speed dgn kondisi jln agak menanjak tembus 118km/j
    Tdk puas dgn itu saya ngetem di lampu merah jln jogja solo (tepatnya lampu merah dr oen sawit/perbatasan boyolali klaten) nunggu lawan, alhasil secara kebetulan ada dua motor fu yg jln bareng
    Nggk mau khlgn ksmpatan mtr lgsg saya sejajarin ke mereka sembari saya tarik tarik gasnya,alhasil mereka lgsg tanggap
    Bak balapan yg sesungguhnya, begitu lampu hijau kita lgsg geber abis tu motor, kondisi jln mulus, lapang dan agak menikung.pd gigi 1-2-3-4 posisi motor masih fu-nmp kantor gue dan fu lg.tp bgitu nmp gue gigi lima dgn mudahnya gue bs lalui mereka.
    Selama krja itulah saya tau kelebihan dan kekurangan nmp,
    Prnh suatu hr sprti biasanya saya ngetem dilampu merah, wktu itu yg nongol scorpio (posisi boncengan) dan fu
    Stlh jarah 1km scorpio dh bs gue lwti karna mgkn si pio trllu berat bw 2orang, tp fu yg satu ini bnr2 gile abiss, gue dah mati2an betot ni gas, tp tetep aja gue diblkg terus,pdhl gue liat ni fu standaran aja.tp pas kena lmpu merah gue cb prhatiin ni fu kyknya yg kluaran lm ato yg kluaran pertama dan blm dobel stater.pntes aja kl nmp gue kalah karna mitos yg gue dgr fu yg build up performanya lbh bagus dr fu yg skrg
    Dan satu lg pengalaman gue, saat boncengan naek nmp jgn harap bs dapet top speed
    Bahkan buat nyaingin motor bebek sejenis supra pun ssh, powernya drastis turun saat membawa beban lebih
    Kesimpulannya ni motor cm enak dipake ngebut seorang diri doang,sgt uirit. Tp sangat lembek bgt diwaktu dipake berboncengan

    • sama,
      pio g tw knapa, mau nunduk ky apa jg , sama gl 200 ane skalipun yg cc nya lbih kecil, dan si pio nya edisi 2013, kliatan dri plat nomer, kok kaya sering klimpungan sama ygcc nya lbh kecil,,
      😀
      no offense to nmp rider
      tp ane cukup supra 125 std utk bisa bikin nmp rider std kerepotan,
      jalan jogja wates yg lurus2 itu tkp nya, dan itu malem,
      lengkap rutenya, agak nikung ada, nanjak dikit ada. lalu lintas sepi sampe hampir masuk jogja yg udah mulai rame jg dapet, ga ke susul supra pinjemna ane tuh, dan itu riding sama2 single yah

  16. NMP 2012 ane mbrebet gan.. padahal sudah kuras bensin,, sudah cek vakum di karbu katanya si gak apa2..
    skg saya coba filternya saya ambil… jadi gak pake filter.. apa itu jugaa pengaruhnya yaaa????

    • Sharing NMP 2010
      Selama make megii dlm kota sampe skg sing ada lawan dikelasnya, apalagi stelah ganti ban michelin pilot street, makin mantep aj miringnya. Akselerasinya seperti new scorpio, tapi speed diatas 90 kpj bye bye megi.. Klo old scorpio, bye bye scorpio.
      Luar kota ga bisa tes speed, bini ga mau ditinggal hehehee…
      Keluhan brebet pertama taun 2013, ganti vacum karna masih garansi. Setelah itu tiap servis ga pernah bongkar karbur lagi, karna menurut gw karbu nmp ga perlu dibongkar kcuali ada gejala brebet.
      Kmaren2 brebet lagi, coba cek sendiri karna dah ga garansi dan ga puas sama montir ahas. Kuras tang ki, ganti filter bensin dan servis karbu sendiri. Ternyata masih brebet juga tapi blom mau ganti vacum karna diliat karet vacum masih masih bagus. Terakhir gw lepas kabel aki yang positif, karna gw pikir karbu nmp sistem 12 pengapian minta direstart. Dan dah sebulan ini ngejos lagi megi gw..
      Pelajaran yg gw dapet, tiap ganti filtet udara, ganti pula filter bensin . Posisi filter bensin. boleh dipindah (ganti dgn punya motor yg laen asal asli ) ke tengah2 selang bensin untuk mempermudah cek/ganti filter bensin.
      Klo gw skg pake filter mobil kijang, biar aer ga ikut masuk ke kar bu.
      Cabut arus positif dari aki untuk restart pengapian setiap bongkar karbu.
      Oh iya aer masuk bukan karna seal tutup bensin, tangki disemprot aer atau nmp kehujanan. Tapi lubang udara yg pas dibibir tutup bensin, ketika melibas hujan, cipratan aernya ikut kesedot kedalem tangki. Jadi klo masih nekat trobos hujan, akalin dulu lobang udara di tutup bensin.

  17. Wah ane jg punya nmp tahun 2011, udah sering touring ke pegunungan dan pantai.nyaman dan irit sekali.mtor ane standart smua, ban aja ganti,dpan 90/90 blakang 100/80,tikungan sangat stabil, aksel sangat responsif,pake pertamax top speed kok setara dgn xabre ya, kbetulan tmen punya dan adu speed di pantura.kalau cuma lwan byson, vixy , tiger ,apalagi mx, ane sih selama ini unggul terus om, yg penting shiftingnya pas, jgn kasian2 sama mesin.smua standart ya bro dan di pantura tarik2an nya. Kalau lwan fu, cb, cbr, ane sih ngaku kalah,hehe.kalau nanjak, wih jago bner nih nmp.

Tinggalkan Balasan ke kml2310 Batalkan balasan