Aplikasi Ban Belakang 100/80 di NMP. Akselerasi Mumpuni, Topspeed Dikebiri

Judule kepanjangan ye bro? maap maap. maksudnya biar jelas aja
2013-06-24 14.19.28xxa
Begini kisahnya. Beberapa waktu yang lalu kondisi ban belakang NMP ane udah bener-bener gundul layaknya ban motojipi. Janganken dibawa di trek basah, di trek kering pun ‘gigitan’-nya sudah sangat lemah. Daripada berlama-lama dengan kondisi yang nggak enak seperti ini, ane pun memutusken untuk mengganti ban…
Tadinya ane berniat mengganti ban belakang NMP dengan yang berukuran 120/80. Selain jadi terlihat lebih berisi, tinggi motor pun jadi bertambah. Sebab ban standar NMP 100/90, tingginya : 100 x 90% = 90mm alias 9 cm. Kalo pake 120/80 berarti tingginya jadi 120 x 80% = 96mm alias 9,6 cm. ada penambahan 1,2 cm (0,6 cm x 2 (atas bawah)). Di sisi lain, penambahan tinggi ini juga merupakan penambahan diameter roda yang otomatis akan berakibat naiknya topspeed. Sebaliknya jika pake ban dengan tinggi yang lebih pendek, contoh 110/70 (berarti tinggi ban hanya 110 x 70% = 77mm alias 7,7cm) maka topspeed akan menurun, meskipun akselerasi meningkat.

efek lain setelah ganti ban, yuk baca: Perubahan Akurasi Speedometer setelah ganti ban 
Sialnya, ane nggak menemukan ban 120/80 di toko ban. Yang ada cuma ukuran 120/70 merk sendal jepit. Itupun mesti ditebus dengan tiga lembar uang warna merah (bukan gocengan ye). Dan satu lagi merk jembatan batu, yang jembatan batu harganya mukegile. Setelah dipikir-pikir, akhirnya ane nekat mengambil ban yang satu ini…
2013-07-23 16.06.20a

Ingin tahu lebih lanjut review pemakaian ban 100/80 ini? Yuk baca: Full Review Michelin Pilot Street
Harganya juga setara dengan ban 120/70 tadi, tapi ukurannya lebih kecil. Cuma 100/80 bro… Bahkan ban ini lebih kecil dibanding ukuran ban standar NMP (100/90). Terus kenapa ane ambil yang ini? Entahlah, iseng aje pengen coba :b
Impresi awalnya? beuhhh.. Motor jadi pendek. Gimana nggak? Diameter roda mengalami penurunan 2 cm dibanding kondisi standarnya (silahken hitung dewe).
2013-07-23 16.05.01a
Dan beberapa hari kemudian, ane pun jadi penasaran dengan performa NMP dengan ban 100/80 ini. Waktu ba’da subuh ane jadiken sasaran untuk menjajal seperti apa lari NMP ane sekarang. Dan ternyata…
SC20130805-052831
Akselerasinya terasa lebih nampol. Mantab lah. Mumpuni banget buat trek stop n go di perkotaan. Tapi topspeednya terasa dikebiri bro. Bisa ente liat pada gambar diatas. Ane dapet speed 109 km/jam di gps, sedangkan di speedo menunjukan angka 117 km/jam. Itu dengan kondisi mesin meraung-raung, lebih meraung dibandingken waktu pake ban standar di kecepatan yang sama. Feeling ane sih kalo diterusin dikit lagi bisa kena limiter tuh :b

Okelah, sekian post kali ini. Bagi ente yang ingin mencoba ban 100/80 untuk dipake di roda belakang nmp silahken nyoba. Bagi ente yang nggak pengen nyoba yaa nggak papa. Selamat libur lebaran~ Semoga bermanfaat~

35 pemikiran pada “Aplikasi Ban Belakang 100/80 di NMP. Akselerasi Mumpuni, Topspeed Dikebiri

    • kalo 120/70 tapakannya memang lebar jadi bikin gesekan ke aspal makin gede. tapi kalo 120/80 malah lebih sedikit soale ban cenderung mbulet #liatmotortemen

    • Yang bertambah kan ada 2 sisi, di sisi atas sama bawah ban. Jadinya dikali 2. Itu hanya berlaku untuk pertambahan tinggi roda (diameter velg + ban). Sedangkan pertambahan tinggi motore belum tentu sama persis dengan pertambahan tinggi roda

  1. Klo ƍa ♏au berat didompet cobain pke per koplingnya tiger..lumayan nambah akselerasi,minusnya kopling rda berat..butuh settingan lgi

  2. pas itu kang ukuran segitu. kalo mau lebih pendek lagi pake ban belakang NJMX yg baru. ukuran kalo gak salah 100/70…. jadi ceper motornya
    (velg std kan 2.50 yah ukurannya).hehehe

  3. Kang kalau dikasih ban uk 120/80 enaknya yg depan dikasih uk berapa ya yg pas ? #edisipinginbangedetapivelgstandart :v

  4. Sekarang pakai ban depan ukuran 80/90.ban belakang 90/90.sepeda mau di buat turunan di buat ukuran berapa yang pas? menurut ku depan 90/80.belakang 110/80.betul gak suhu? Tolong di bantu

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s