NMP VS Tiger | Duel Pabrikan Sayap part2

image

Pemirsa, mari kita flashback sejenak. Dahulu kala pada zaman batu lunak ane pernah melawan seorang kolega yang menunggangi seekor macan 200cc bertransmisi 6 percepatan. Kala itu ane berhasil menang beberapa body di depan beliau. Namun di kala itu macan beliau menggunakan magic jar hitam bertuliskan “kmi” di buntutnya, menggunakan engine guard, serta beberapa peralatan lenong kecil-kecilan. Jelas lari si macan pun jadi agak tersendat, layaknya macan yang berlari dengan perut kekenyangan habis makan babi hutan.

image

Pada episode kali ini, si macan sudah sukses diet a.k.a melepaskan segala atribut yang mengekang segala hawa nafsu kemampuan berlarinya yang asli. Weish, jadi makin enteng larinya. Sementara di sisi lain, ane justru menyematkan gear depan 15 mata (standarnya 14 mata) ke NMP ane. Akselerasi menurun? Jelas bero, tapi nafas di tiap gigi jadi makin panjang.

Baiklah pemirsa, lebih baik kita lanjut ke bagian utamanya.

Duel antar sesama GL series ini (GL-200 vs GL150) lagi-lagi mengambil lokasi yang sama dengan duel-duel sebelumnya. Alasan keamanan menjadi prioritas utama, sebisa mungkin lokasi yang digunakan steril dari hewan liar maupun manusia liar yang menyebrang sembarangan. Treknya nggak panjang-panjang amat; 600 meter, dan rasanya udah cukup buat menyiksa dua ekor mahluk sohc.

3…2…1… Dua ekor GL series ini pun melaju,kondisi  jalanan yang 100% lowong di depan jelas membuat ridernya sama-sama membuka gas tanpa ragu. Seperti biasa, GL150 alias NMP melesat beberapa meter di depan moncong kakaknya yang berkubikasi 200cc. 50…60…70…weisshh… si macan rupanya sudah berhasil menempel di ekor NMP. 80…90… sama-sama mengoper ke gigi 4, si macan berhasil menempel ketat bahkan mengimbangi NMP. Memasuki 100 km/jam dua ekor mahluk ini bersaing ketat, tapi si macan perlahan mulai merangsek kedepan. Tarikan NMP semakin loyo memasuki kisaran 108 km/jam. Sedangkan si macan semakin pede karena masih menyisakan satu gear tersisa namun sudah berada di depan NMP.Si macan sempat menggunakan gigi 6 namun tidak lama karena overdrive dan sang rider pun memilih kembali menggunakan gigi 5. Sampai pada akhir trek posisi tidak berubah, NMP berhasil ditekuk oleh kakaknya dengan jarak yang kurang lebih sama ketika NMP menekuk si macan dahulu.

image

Berikut spesifikasi singkat dari kontestan yang terlibat dalam huru-hara kali ini:

Honda Tiger 2011

Mesin dkk : Standar

Gear: Standar

Ban depan : Swallow X-Worm 100/80

Ban belakang : Swallow Thunder 120/80

Bobot rider: +-75 kg

Honda Megapro 2012

Mesin dkk: Standar

Gear: depan 15 mata, belakang standar

Ban depan: FDR Noigen  90/80

Ban belakang: Michelin Pilot Street 100/80

Bobot rider: +-55kg

Hokelah pemirsa, sekian post kali ini. Sampai berjumpa lagi dilain kesempatan, semoga bermanfaat~

24 pemikiran pada “NMP VS Tiger | Duel Pabrikan Sayap part2

  1. tapi klo tiger punyaku kayaknya gak bisa lah lawan nmp hehe. maklum dah lama udah kakek kakek.mentok 90 km/jam ( udah ndredeg gemteran)

  2. Kalo untuk adu drag seharusnya tiger yang menang loh…, tapi nmp juga mempunyai top speed yang lumayan walaupun menurut info cuma mentok 120-122 km/jam @speedo nmp dan butuh trek panjang macam pantura, tapi di speedo analog macam old vixion/tiger yang bisa menempel nmp itu lebih dari 130an km/jam.
    Nih salah satu link review pengguna nmp, yang kurang lebih menyatakan kl speed nmp lumayan untuk seukuran motor touring.
    http:/www.keiraf.wordpress.com/2014/03/04/review-new-megapro-setelah-menempuh-80-000-km/

  3. nah kapan kapan ajak aye yak kalo ngadain lagi, belon pernah di tes nih yang putih merah ini :p kan sama sama bersayap tuh😀

    soale waktu itu pernah nyoba dijalan sama tiger picek, menang. ga ngerti ridernya yg salah atau emang motornya :p

  4. Ping balik: Testride! Ninja 250 Fi Assist – Slipper Clutch | D'rideNote@wordpress

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s