Hendak Membeli Sepeda Motor 250cc? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut!

IMG_20140717_175009

Saudara sebangsa dan setanah air. Seperti yang sudah kita ketahui, montor-montor kelas 250cc saat ini menjadi idola bagi para penunggang kuda besi di negeri ini. Sebut saja Yamaha YZF-R25, Honda CBR250R, Kawasaki Ninja series dan Z series, serta Suzuki Inazuma. Saat montor-montor tersebut melintas di depan mata, rasanya sulit untuk tidak menoleh walaupun sekejap saja #aih… Nah… Buat yang tertarik untuk membeli montor 250cc, ane punya segelintir tips sebelum ente membelinya, cekidot bray…

1. Harga

Ini yang nomer satu, jangan sampe ente membeli montor yang harganya diluar kemampuan alias jauh diatas pemasukan ente perbulannya. Bisa-bisa ente jadi buronan para debt collector :b Jika dana belum mencukupi, lebih baik menabung dulu ketimbang langsung mengambil montor secara kredit. Hitung-hitung selisih bunganya kan bisa dipake buat biaya modif😎

2. Spare Part

Pastikan spare part sepeda montor yang ente beli tersedia di bengkel, jangan sampe ente kelimpungan kesana kemari hanya untuk mencari spare part. O iya, cek juga harga spare part sepeda montor yang hendak ente beli, supaya ente bisa memperkirakan berapa “uang jajan” yang mesti dikeluarken ketika  montor ente di servis.

3. Riding Position

Ini juga penting, bagi ente yang suka touring atau bermasalah dengan encok, pegal linu, nyeri pinggang, dkk, sangat tidak disarankan untuk membeli montor yang memiliki riding position racy abis alias menunduk banget. Sebaiknya ente memilih montor dengan riding position yang agak bersahabat (di kelas 250cc yang riding positionnya paling nyaman adalah Suzuki Inazuma). CMIIW. Sementara bagi ente yang doyan kebut-kebutan sampe nunduk layaknya pembalap motojipi, ente bisa memilih montor dengan riding position yang lebih racy. (Ninja RR Mono saat ini adalah yang memiliki riding position paling racy di kelas 250 cc). CMIIW.

4. Performa

Buat para speedfreaks. Urusan performa nggak bisa dilupaken begitu saja. Bagi yang doyan ngebut di trek lurus panjang ente bisa pertimbangken YZF R-25 dan Ninja 250 R. Buat yang suka trek stop n go atau adu drag jarak pendek ente bisa lirik Ninja RR Mono. Dan bagi yang suka selap selip di keramaian kota bisa coba Z250 / Z250 SL.

5. Desain

Kalo yang ini kayanya tergantung selera deh. Mau yang naked seperti Inazuma dan Z series apa yang fairing seperti R25, Ninja series, dan CBR.

6. Kenyamanan Berkendara

Lho, apa bedanya sama riding position? Disini yang ane maksud dengan kenyamanan berkendara adalah hal-hal lain yang mempengaruhi kenyamanan ente selama di jalan. Seperti lebar body montor apakah menyulitkan untuk selap selip di kemacetan, radius putar apakah menyulitkan buat muter balik di jalan yang sempit, panel indikator apakah terlihat jelas atau nggak, shockbreaker belakang terlalu keras atau terlalu empuk, jok terlalu lebar atau terlalu sempit, jok terlalu keras, panas dari mesin apakah keterlaluan (sampe bikin bulu kaki keriting), dan lain lain..

7. Konsumsi BBM

Pemilik montor 250cc nggak mikirin konsumsi bbm? Nggak semuanya begitu bero… Adakalanya ente kepepet atau mesti ngirit pengeluaran. Meskipun pada kenyataannya konsumsi bbm montor kelas 250cc beda-beda tifis. Berada di kisaran 18-35 km/liter tergantung pemakaian. (untuk konsumsi BBM paling irit di kelas 250 cc dipegang oleh CBR250R). CMIIW.

8. Harga Jual Kembali

Bagi yang cuma berniat menggunaken motornya dalam jangka waktu tertentu dan setelah itu ganti montor, hal yang satu ini wajib diperhatikan. Bagi yang ingin harga jual kembalinya tetap tinggi bisa lirik Kawasaki Ninja Series. Tapi tetep inget rawat montornya juga lho yaa kalo mau harga jualnya tinggi.

9. Pikir-Pikir Kembali

Lho? Kok pikir-pikir kembali? Ya pikir lagi aja, siapa tau duwidnya bisa buat hal lain yang lebih bermanfaat. Buat berangkat pergi haji atau umroh misalnya. Begitu sampai di mekah langsung banyak berdoa supaya dapet montor 250cc gratisan. pahala dapet, montor dapet. Barokah pemirsa… Mantab tho? :b

 

Sekian post kali ini, mohon maaf dan koreksi kalo ada salah. Sekian dan semoga bermanfaat~

 

 

5 pemikiran pada “Hendak Membeli Sepeda Motor 250cc? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut!

  1. untuk poin terakhir ane kurang setuju bro. kalo memang niatnya untuk ibadah ya ibadah karena Allah semata. Kalo misalkan kita ibadah hanya untuk sebuah motor 250cc ya cuma bakal dapet motor dan pahala tapi belum tentu bisa dapet Ridho nya Allah karena Tuhan itu lebih menyukai orang yang fokus untuk mencintainya. Terimakasih sekedar meluruskan. Maaf bila ga nyambung dengan topik motor. Hehe.

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s