Tentang Handphone, Dunia yang Terlupakan…

Post kali ini adalah post yang berbau curhat bin flashback nih pemirsa. Sebaiknya nggak usah dibaca deh :v

Dahulu kala, tepat sebelum ane mengenal dunia permotoran, pada zaman jahiliyah era kejayaan Nokia. Ane yang saat itu masih kelas 6 sd adalah seorang bocah yang sangat tertarik dengan dunia per-hp-an. Bermodalkan beberapa majalah handphone yang dibeli di pinggir jalan, ane jadi lumayan faham tentang spesifikasi HP.

Kala itu hp yang menjadi tren adalah nokia N series, dan yang paling yahud menurut ane adalah Nokia N90. Desain yang bisa diputar-puter bak mini handycam dan dipersenjatai kamera 2 megapixel -dulu resolusi segini udah joss tenan deh- membuat hp yang dulu dibanderol 8-9 jutaan ini begitu menggoda iman, namun apadaya pemirsa… Tabungan anak SD mana bisa sampe segitu sih? :v

Meski nggak berhasil menggondol Nokia N-90 dan N series lainnya dari toko hp, namun ane beruntung karena ane mendapatkan hp yang tak kalah joss nya. Yep, sebuah Nokia 3650. Ane beli dari tante ane yang butuh duwid :v

Bagi anak SD yang sehari-hari main beyblade dan tamiya tentu rasanya sangat wah punya hp legend macam nokia 3650. Gimana nggak pemirsa? Punya Hp berlayar TFT 4096 warna dilengkapi dengan kamera -meski cuma VGA- juga bisa support lagu MP3 –setelah ditambahkan aplikasi tentunya- dan yang paling yahud adalah memori eksternalnya -ane selipin memory card 128 MB, waktu itu termasuk gede lho-. Btw karena memorinya yang tergolong gede hp ane jadi sering dimintain lagu sama temen-temen :v

Secara tampilan, ane sangat suka dengan susunan keypad unik dengan pola melingkar ala 3650. Dengan susunan keypad yang unik ini niscaya orang lain pun enggan meminjam hp ane buat smsan :v hanya pengguna 3650 sedjatie yang punya skill ngetik high speed dengan Nokia 3650 :b Oiya, hp lain yang punya susunan keypad unik seinget ane adalah siemens sx1.

Sementara itu dari dalemannya ane merasa sangat terbantu dengan OS symbian bawaan Nokia 3650. Bisa multitasking lho :b jadi ane bisa dengerin mp3 sambil smsan ataupun sambil poto-poto -sering ngehang kalo dipaksa jepret banyak foto sambil dengerin mp3-. Oiya, buat internetan si 3650 juga bisa kok. Meskipun dulu cuma sebatas buka fb aja. Itupun loadingnya naujubile lamanya…

Sebenernya si 3650 ini bukan hp pertama ane. Sebelumnya ane memegang Siemens A55 -hasil lengseran dari enyak yang dihadiahi Nokia 6600 sama babeh- dan kemudian Motorola C651 -yang ane beli karena duwid nggak cukup buat beli SE K300i- . Namun bagi ane kedua hp ini nggak se-berkesan Nokia 3650. Bahkan di hp-hp ane berikutnya ane nggak menemukan kesan yang ane dapet dari si 3650. Malah di hp-hp berikutnya yang notabene lebih tjanggih, ane semakin mendekati titik jenuh…

Yaa mungkin ada kaitannya dengan dunia per-hp-an yang makin kesini makin cepet aja berkembangnya. Selalu ada produk dan teknologi baru dalam gap yang singkat. Perkembangan yang cepet ini bikin ane ngerasa sebuah gadget dalam waktu singkat pasti akan ada penyempurnaannya dan versi sebelumnya akan terkesan ketinggalan zaman! Sedangkan ane nggak suka sesuatu yang “wah” tapi beberapa saat kemudian ada yang lebih “wah”, yang ane cari adalah sesuatu yang “FINAL”, versi paling akhir, paling “wah”. Kalopun ada versi berikutnya yaa bolehlah, tapi dengan catatan jeda waktu update produk-nya agak lama dan spek di versi berikutnya ada yang di down grade. Kalo di dunia permotoran mungkin seperti kasus NMP yang versi Fi-nya malah menurun powernya, ataupun Shogun FL series yang ketika menjelma jadi Axelo buritannya malah nggak pake lampu led lagi.

So finally, ketertarikan ane terhadap dunia per-hp-an pun pupus… Dan tak lama kemudian ketertarikan ane bergeser ke dunia permotoran :v

 

2 pemikiran pada “Tentang Handphone, Dunia yang Terlupakan…

  1. sekarang ane pake hp android paling final, paling wah, versi paling akhir dari nokia, yaitu nokia xl. nggak akan ada lagi android nokia yg lebih canggih dari nokia xl. RIP nokia

Silahkan berkomentarrrr~

