Testride! Ninja 250 Fi Assist – Slipper Clutch

Pemirsa yang tampan dimanapun anda berada, berjumpa lagi di blog yang hits nya segini-segini aja :v Pada kesempatan kali ini, ane akan membahas… yaa udah tau lah kalo udah baca judul :b20150419_063328aa

Ninin 250 fi slipper clutch, ini montor 250cc kedua yang ane coba setelah CBR 250 milik alehandro. Sementara kalo bicara yang berkaitan dengan konfigurasi mesin, ini adalah motor 2 silinder pertama yang ane coba. Oiya, pemilik ninin ini adalah si penunggang macan yang dulu pernah nongol di artikel berikut:

https://daivangelion.wordpress.com/2014/03/07/nmp-vs-tiger-duel-pabrikan-sayap-part2/

 

Saat pertama kali nyemplak, kesan yang ane dapet adalah sporty dan rapi. Sporty karena riding positionnya yang lumayan nunduk, lebih nunduk dari CBR 250, jadi aura “kencang”nya lebih terasa, pegelnya juga lebih kerasa :b Sementara itu ane bisa bilang rapi karena “built quality”-nya memang rapi, nggak ada untaian kabel yang agak mengganggu pemandangan dan spakbor miring seperti yang ditemui di R25, meskipun untuk desain bagian depan ane lebih suka R25. Oiya, ninja 250 versi assist slipper clutch ini juga dilengkapi ban bawaan battlax bt 39, buat mereng-mereng jadi yahud :3

let’s start…

 

Setelah mendapat beberapa wejangan ringan dari ownernya, ane pun mencoba 1 lap alias 1 keliling perkenalan dengan si ninin, kalo ini moto gp mungkin ini warm up lap nya. Baru warm up namun si ninin udah berhasil memberikan kejutan. Ternyata initoh karakter mesin overbore + dohc + multi silinder segaris, mengasyikan bin menakutkan! Lho kok menakutkan? Yaa maklum, ane abis nunggangin montor bermesin overstroke + sohc + silinder tunggal #lirikshogunsp

pas warm up lap dapet segini...

pas warm up lap dapet segini…

Sebenarnya ane udah coba mengantisipasi kejutan yang mungkin ane dapat ketika testride ninin dengan mengingat bagaimana rasanya saat naik CBR 250 milik alehandro. Meskipun ane tau karakter kedua montor ini pasti berbeda, namun ane pikir si ninin ini nggak akan memberikan kejutan macam jambakan akselerasi CBR 250 mengingat akselerasi mesin satu silinder memang lebih dahsyat ketimbang dua silinder, dan benar memang nggak ada jambakan pada awalnya, namun ketika jarum rpm sudah bermain diatas angka 6 atau 7. Si ninin sukses memberikan kejutan yang bikin kaki ane “nderedeg” alias gemeteran :v

Sementara itu ane pun dibuat nyaman dengan empuknya kopling si ninin. Bagaikan menarik kopling nmp :v ternyata inilah fungsi dari assist clutch, bikin kopling jadi wuenak tenan. Sementara fungsi  slipper clutchnya jelas terasa saat gas ditutup lalu diikuti dengan downshift, badan nggak terhempas kedepan dan mesin pun nggak “ngeden”, engine brakenya sih tetep ada namun nggak terlalu kerasa. Dalam keadaan eskrim eh ekstrim slipper clutch juga membantu mengurangi kemungkinan ban belakang kehilangan traksi saat menurunkan kecepatan. Untuk lebih nggak jelasnya pemirsa bisa liat video testride ninin slipper clutch dibawah ini…

 

Okelah sekian dulu post kali ini, semoga bermanfaat…

 

6 pemikiran pada “Testride! Ninja 250 Fi Assist – Slipper Clutch

  1. Ping balik: Topspeed Ninja 250 Assist-Slipper Clutch | D'rideNote@wordpress

  2. Ping balik: TestRide! Kawasaki Z250 SL | D'rideNote@wordpress

Silahkan berkomentarrrr~

