Clutchless Shifting; Oper Gigi Tanpa Tarik Kopling

Tulisan ini ditujukan bagi yang penasaran tentang “clutchless shifting” dan bagaimana cara melakukannya.

Mengoper gigi tanpa tarik kopling? Hm… Rasanya janggal pemirsa. Pada motor-motor dengan transmisi manual alias berkopling, lazimnya tiap kali memindahkan gigi alias gear akan dilakukan dengan menarik tuas kopling terlebih dahulu.

testridea

Sedikit flashback nih ke zaman SMA. Zaman baru dapet SIM. Zaman doyan selap selip di jalan. Zaman kebodohan lah pokoknya. Pada zaman ini ada seorang kawan yang bercerita bagaimana ia melakukan “clutchless shifting”. Tentu saja ane mengenyitkan dahi dan enggan ikut-ikutan melakukan teknik sesat yang konon merusak gearbox tersebut. Namun pada faktanya, memang sang pelaku “clutchless shifting” ini dikenal (sangat) cepat di jalanan, meski motornya cuma Thunder 125.

Nah, belakangan ini ane pun merasa penasaran untuk melakukan teknik “clutchless shifting”. Dan akhirnya ane mencoba melakukannya sendiri dengan menggunakan si lemot NMP. Ternyata sensasinya memang unik sekali. Motor terasa sangat menyentak, seolah lebih bertenaga. Entah ada peningkatan akselerasi secara signifikan atau nggak, yang pasti sensasi ngoper gigi tanpa kopling akan sedikit mengubur kesan lemot, apapun jenis motor anda.

2013-03-07 06.04.20

Cara melakukan “clutchless shifting” ini sangat mudah. Cukup lupakan saja si tuas kopling ketika mengoper gear 2 ke 3, ke 4, dst.

Namun ada beberapa hal yang dilarang terkait dengan clutchless shifting, yaitu:

  1. Melakukan clutchless shifting dari 1 ke 2.
  2. Melakukan clutchless shifting saat menurunkan gigi.
  3. Keseringan

Hal-hal tersebut dapat membuat motor anda lebih cepat masuk bengkel ketimbang lebih cepat sampai tujuan. Ane sendiri jarang sekali mengoper gigi tanpa kopling kecuali saat iseng. Dan… baiklah pemirsa, sekian artikel sesat kali ini. Semoga mencerahkan

6 pemikiran pada “Clutchless Shifting; Oper Gigi Tanpa Tarik Kopling

  1. pernah ga sengaja clutchless shifting.. lupa entah dari gigi 1 ke 2 apa dari 2 ke 3..
    ceritanya lagi bingung nyari jalan keluar dari parkiran di transmart cempaka putih, tanpa sadar melakukan clutchless shifting, padahal waktu itu belum tahu sama sekali ttg clucthless shifting
    reaksinya waktu itu cuma “Lhoh kok bisa?” ?😀

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s