Drag: Satria FU (karbu) vs CBR (cbu)  | dohc vs dohc | standar vs standar

Pemirsa yang tampan dimanapun anda berada. Saat mudik kemarin, seorang sepupu datang dengan tunggangan baru tapi lawas. Yop. Satria FU versi karbu keluaran tahun 2012 akhir. Kebetulan sekali… ane sedang membawa CBR cbu lansiran 2013 awal. Kemudian terjadilah chit-chat singkat dan keesokan harinya kami langsung menuju TKP yang ditentukan.

Spek cbr: full standar

Spek satria: full standar

Panjang trek: +-500m

TKP yang digunakan merupakan proyek jalan yang belum rampung, (sengaja nggak di publish biar nggak pada ikut2an kesana) sehingga lalu lintasnya aman terkendali. Tapi, ada tapinya nih… masih ada aktivitas warga disekitar TKP, beberapa bapak bapak tampak sedang ‘ngarit’. Kalo kelamaan drag disini bisa-bisa dianggap meresahkan dan diacungi clurit. 😂

Oleh karena itu, hanya dilaksanakan 4x pengetesan. Tanpa sempat berganti rider. Oiya… berikut bobot ridernya:
Ane: 58 kg (makin gemuk setelah lebaran)

Sepupu: 50 kg (anak sekolah lagi lucu2nya) 😂

Setelah dilakukan 4x pengetesan… dengan ane menaiki cbr dan sepupu menaiki satria. Diperoleh hasil sebagai berikut

Cbr: 3

Vs

Satria: 1

Dari 4x pengetsan ini, pada intinya bisa dibilang satria fu memiliki akselerasi yang lebih baik dibanding cbr. Sehingga kalo nggak gantung rpm dan shifting dengan benar, cbr pasti ketinggalan dari start hingga finish. Bahkan untuk motor dohc, akselerasi satria ini mirip sama motor-motor sohc. Tentu karena bobot motor yang ringan (dan ridernya juga ringan).

Dari 0-100km/jam. Satria fu selalu unggul. Bahkan diawal start, satria fu selalu ngacir duluan dan meninggalkan cbr dengan jarak +-2 body. Diam-diam sepupu ane yang satu ini cara startnya memang bagus sekali 😂 satrianya ngacir tenan…

Sementara itu cbr memiliki karakter yang lebih ganas di kecepatan tinggi. Hal ini juga didukung oleh adanya fairing yang membuat rider bisa berlindung dari terpaan angin yang bisa menghambat laju motor. 

Akhir kata, ane acungkan 2 jempol untuk performa satria fu. Next time kemungkinan akan ada artikel drag cbr vs gsx 😶 okelah… sekian artikel kali ini, semoga menghibur dan semoga bermanfaat~ 

Iklan

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s