Komparasi Helm Bawaan Motor 250 CC| R25 vs CBR 250 vs Z250 SL

Pemirsa yang tebal dompetnya dimanapun anda berada. Helm bawaan pabrikan umumnya memiliki fitur dan kualitas yang apa adanya. Sedangkan keinginan masyarakat sendiri pastinya lebih memilih helm dengan fitur dan kualitas yang ada apanya. Nah, pada kesempatan kali ini ane akan mencoba mengulas dan membandingkan antara helm bawaan dari Yamaha R25, Honda CBR 250, dan Kawasaki Z250 SL.

Helm Yamaha R25

?

Ane saat memakai helm Yamaha R25 beserta motornya

Helm bawaan R25 ini pas diangkat rasanya enteng. Jadi agak ragu akan safety-nya. Namun setelah dilihat lebih dekat ternyata helm ini memiliki tali pengikat double d ring. Wew… Ane pun jadi kembali yaqin akan safety-nya. Sistem pengikat double d ring ini sendiri memang ribet dan nggak praktis, namun keamanannya paling tinggi dibanding sistem pengikat model lainnya. Good job yamahmud

Karena enteng, pas dipakai pun lumayan nyaman, plus seger. Seger karena ada semilir angin yang menyusup masuk diantara busa pipinya, ukurannya kegedean kah? Nggak, ini helm all-size kok. Jadi bagi pemirsa yang ukuran kepalanya sama atau lebih kecil dari kepala ane, maka anda akan merasakan sensasi kesegaran ketika memakai helm ini.

Visibilitas helm ini cukup baik, sudut penglihatannya luas, jadi lebih pede buat ngelirik ke kanan dan kiri. Sementara itu saat digunakan pada kecepatan tinggi, akan terdengar bunyi siul-siulan yang diakibatkan oleh angin. Ane sih nggak terganggu dengan bunyi siul-siulan ini, jadi nggak papalah.

Helm Honda CBR 250

Alehandro dan CBR 250 beserta helmnya

Alehandro dan CBR 250 beserta helmnya

Sebenarnya ane agak males untuk membahas helm ini. Karena helm ini tidak lain tidak bukan adalah helm TRX yang di cat hitam doff, diberi tulisan CBR, dan diberi busa berwarna merah sehingga terkesan berbeda dengan TRX umumnya. Helm TRX  yang dimaksud adalah tipe TRX-R. Helm yang biasa didapat ketika membeli Honda New Megapro, Verza,  dan CB150R.

Helm ini juga seger bahkan lebih seger dibanding helm R25. Saking segernya bahkan bukan cuma angin yang bisa menyusup. Benda kecil dan serangga pun bisa menyusup diantara busa pipinya. Mungkin helm yang ane pakai busanya sudah terdeformasi alias jadi tepos, akibat pemakaian jangka panjang dan akibat kepala yang punya helm-nya kegedean. Siapa lagi kalo bukan Alehandro.

Visibilitas helm ini biasa saja. Sementara saat dipakai di kecepatan tinggi helm ini juga menimbulkan bunyi siul-siulan sama sepeti helm bawaan Yamaha R25. Jangan tanya bunyi siulan mana yang lebih enak didengar. Oiya, helm ini lebih ringan dibanding helm R25. Sistem pengikatnya pun biasa aja, model klik. Jadi berasa kurang aman kalo ngebut-ngebut pake helm ini.

Helm Kawasaki Z250 SL

Pak (calon) dokter saat memakai helm Z250 SL beserta motornya

Pak (calon) dokter saat memakai helm Z250 SL beserta motornya

Nah, kalo helm yang satu ini bentuknya paling enak dilihat dibanding kedua helm diatas. Mungkin karena motifnya rame dan ada tulisan Ninja-nya. Jadi berasa helm balap. Helm ini juga merupakan helm bawaan Ninja RR mono dan Ninja RR.

Helm ini nyaman dipakai tapi kalah seger dibanding kedua helm diatas. Nggak ada semilir angin yang menyusup diantara busa pipinya. Busa pipinya pun nyaman, lebih nyaman dibanding kedua helm diatas. Mungkin karena helm yang ane coba waktu itu umurnya baru 1 bulan jadi busanya masih enak.

Visibilitasnya biasa saja. Sementara itu ane belum mencoba helm ini di kecepatan tinggi, mungkin masih menimbulkan bunyi siul-siulan juga. Bobot helm ini sedikit lebih berat dibanding kedua helm diatas. Sayangnya sistem pengikat helm ini masih model klik, sama dengan helm CBR. Kalo model double d ring seperti helm R25. Pastilah helm ini unggul mutlak dibanding kedua helm diatas.

mvme31.i1259-kfbcSnw-l2

Btw dibanding ketiga helm diatas, ane lebih suka yang ini. Sumber: Airoh.com

Dari ketiga helm diatas, kalo ditanya helm bawaan mana yang paling bagus? Ane jawab sih antara helm R25 atau helm Z250 SL, maaf buat helm CBR 250. Tapi kalo ane rasa helm mana yang menang nggak perlu diributkan, toh pengguna motor 250 cc tentu nggak akan pusing-pusing memperdebatkan helm bawaan mana yang lebih bagus. Toh kalo bisa beli motor 250 cc pasti bisa membeli helm lagi yang lebih bagus.

Okelah pemirsa, sekian artikel komparasi kali ini. Semoga menambah wawasan dan semoga bermanfaat!

 

 

 

2 pemikiran pada “Komparasi Helm Bawaan Motor 250 CC| R25 vs CBR 250 vs Z250 SL

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s