Buru-buru? Jangan Lupa Panaskan Mesin Motor

Image

biang kerok sekaligus penginspirasi post kali ini

Dikejar waktu? Buru-buru? Pasti pernah lah…

Buru-buru… Urub-urub…. Ubur-ubur…. halah, jadi ngawur.

Okelah langsung aja ke pokok pembicaraannya. Situasi seperti dikejar waktu alias buru-buru cenderung akan membuat pola pikir seseorang menjadi agak berbeda dari biasanya, orang yang sedang buru-buru akan berpikir dengan cepat dan mengeliminasi sebanyak mungkin pilihan yang dianggap kurang penting demi terlaksananya hal yang dianggap lebih penting.

Dan sekarang kita beralih ke contoh kasus.Tadi pagi ane ada agenda untuk menghadiri suatu kegiatan. Lokasi tujuan berjarak kurang lebih 20 km dari rumah. Apesnya… Ane kesiangan. Ane mesti nempuh 20km itu dalam waktu +-30 menit.

oke, 20 km dalam 30 menit. that’s easy man!

Easy ndasmu -.- kalo jalanan di Indonesia kosong kaya jalanan lintas negara bagian di Amerika sih jelas easy. Tapi ini jalanan khas Indonesia coy, lebih tepatnya jalanan khas jabodetabek, macet men….

Walhasil ane jadi buru-buru. Nggak sempet ngabisin sarapan, apalagi dandan. Seadanya aja lah. Langsung ambil kunci nmp dan nyalaken mesin via electric starter. Setelah itu langsung ngacirrr…

Di awal perjalanan, ane udah harus menghadapi rintangan berupa 3 truk pasir yang jalannya kaya siput. “Daripada kelamaan, salip ajalah!” yup, ane langsung ambil posisi sebalah kanan jalan untuk nyalip 3  truk tersebut. Sayangnya ketika ane menarik gas, sebuah tragedi terjadi…

Image

ngembat dari motorcyclenews.com –v

Ketika gas ditarik, mesin nggak langsung ngerespon. Jadi terasa ada jeda sepersekian detik. Dan sesaat kemudian barulah tenaga 13 horsepower nyembur dalam delta t mendekati 0 alias dalam waktu yang snagat singkat. Walhasil, penyaluran tenaga yang mendadak tersebut menyebabkan ban belakang jadi sliding ke arah kanan. –”

Ane jadi panik, supir truk yang ane salip pun panik, dan biker dari arah berlawanan jadi ikut-ikutan panik. Untunglah ane masih bisa menjinakan motor ini. Kalo nggak? Bisa berabe…

Maka dari itu, lebih baik jangan memaksa kendaraan untuk langsung ngacir tanpa melalukan pemanasan mesin terlebih dahulu. Pastikan anda dan kendaraan dalam kondisi yang siap sebelum melaju di jalan raya. Hm…aaa… Okelah, sekian post kali ini. Semoga bermanfaat~

bonus…

24 pemikiran pada “Buru-buru? Jangan Lupa Panaskan Mesin Motor

  1. hehe masak manasin motor sambil ditinggal mandi? disamping kelamaan juga beresiko meracuni seisi rumah dan salah salah juga rawan digondol maling.
    manasin mesin cukup 2 menit aja. atau kalau pake injeksi kalau rpm stasioner yang dari mula agak tinggi sudah menurun berarti itu sudah dalam kondisi ideal.

  2. mnasin mtor disamping yg dah djlasin tdi,tuh sngat mmekakan tlinga,jdi bsing swsana gt,byangin stuasi pgi hri yg udra sdang sger2nya e mlah dicmari sma asp mtor,blum lgi pgi hri yg lgi btuh konsen2nya tuk mnysun dftar krja dbisingin swra yg ane kira mubdzir,tmbah lgi hrga bnsin yg mkin naik cman dibuang2 bgtu aja buat th nmbulin kbisingan tuh,..amat ksihan tuh pnya ttangga yg dibisingin yg hby-nya ngmbur2n BBM ma si pabrik pagi2 pmmroduksi bising,…blum lgi msal tngga sbelah knan slse ngdupin mtornya,..e tngga sblah kri jga mlakukan hal yg sma,..bla msing2 minmal 10 mnit ngdupin mtornya,20 mnit dh qt dbsingin,tmbah lgi tngga dpan rmah, blakng rmah,rmelah tiap pgi hri sma pbrik pmroduksi bsing,…kcali mmng dah da UU-nya yg mngtur misal jam 5.30 wjib ngdupin mtor psti anepn mw ngkut2n ngdupin mtor,..bnter2nya ane stju aja dh yg di atas slhkan ngdupin mtor pgi hri tpi ckup 2mnit sja,ksihan yg sllu dbisingin ma swra mubdzir, ntar swra tape gw jngan hran bsa nglahin bsingnya swra mtor,…and trkhir spnting pa sh nmbulin swra mtor pgi jka dbndingin knsennya pkiran tuk mnysun dftar krja buat sing hrinya??,..

    • asal nggak pake gebar geber kayanya nggak mengganggu tetangga. cukup panasin 1-2menit abis itu langsung jalan. tapi memang ada aja orang yang manasin mesin motor sambil gebar geber bahkan gasnya sampe dipelintir habis, entah apa tujuannya.

Silahkan berkomentarrrr~