Lampu Shogun SP Kurang Terang? Ganti Aje Bro…

Okecoy, langsung aja. Lampu Shogun seri FL memang nggak terang. Dan kasus yang sama ane temui di motor ane sendiri (Shogun SP 2009).
Foto0388
Di internet pun cukup banyak yang mengeluhkan tentang hal ini. Nah, biar jadi lebih terang. Ente bisa mengganti bohlam Shogun ente dengan bohlam yang dijual di toko2 pariasi. Ane sendiri menggunakan bohlam aftermarket yang bermerk t*ko dengan daya 18watt dan suhu 5000k. Kenapa 18watt??? Karena dari berbagai sumber di internet, ane mendapatkan informasi bahwa untuk motor dengan arus kelistrikan AC seperti Shogun lampunya justru akan lebih terang jika diganti dengan watt yang lebih kecil. FYI: lampu standar Shogun memiliki daya 25watt x 2 (kanan-kiri). Sementara suhu 5000k alias 5000 derajat kelvin ane pilih karena pada suhu tersebut pancaran cahaya yang dihasilkan bohlam akan berwarna putih cerah. Kalo suhunya lebih rendah maka cahayanya akan berwarna kekuningan sedangkan kalo suhunya lebih tinggi cahayanya akan berwarna kebiruan.

And now, langsung kita liat aja gimana sih perbandingan cahaya yang dihasilkan oleh bohlam aftermarket dibandingkan dengan bohlam standar. Cekidot~

yang ini bohlam standarrr…
Foto0398

kalo yang ini bohlam aftermarket…
Foto0405

Keliatan kan mana yang lebih terang??? Okelah, kalo ente penasaran langsung aje praktekin. Cukup rogoh kocek 40-50ribu rupiah untuk mengganti 2 bohlam lampu utama Shogun ente. Sekian post kali ini, semoga bermanfaat~

54 pemikiran pada “Lampu Shogun SP Kurang Terang? Ganti Aje Bro…

  1. ane pake Osram all season with UV Gan… enak utk malem apalagi klo kluar kota… wrn kuning d bungkusnya osram aja ad tulisan not for daily use (soalnya lampu ini utk motor trail ato motor2 d daerah yg kurang penerangan

  2. urgent gan…. please tlong ya? lampu shogun fl ane meredup ketika throtle dibuka. tp klo stasioner di buka dkit terang… apabnya yg error gan? matur tengkyu gan

  3. bro watt dikecilin kakinya gampang meleleh gak???
    cz ane pernah ganti lampu shogun pake halogen 35watt(standar shogun 25watt) hasilnya lampu cepat putus & kaki cepat meleleh.

  4. Mas.. saya punya motor shogun axelo lampunya wattnya 25/25 dari pabrik seperti shogun sp pakek 2 lampu. Tapi ada trouble, lampu motor yang sebelah kanan kurang terang dari sebelah kiri padahal sudah di ganti lampu halogen osram sebelumnya sempat di ganti lampu halogen osram cool blue 35/35 karena kurang terang.tetapi ada info kalo diganti 35/35 malah redup maka saya ganti lagi pake 25/25 osram tetapi jadi terang sebelah. apakah penyebabnya? Dan bagaimana agar kedua lampu motor itu terangnya jadi sama kembali? Saya sudah ke beress suzuki dan bangkel lain tetapi belum ada solusi.

    • coba cek ke bengkel yang ahli nanganin kelistrikan om, atau bisa coba cek ke bengkel yang sering nanganin pemasangan lampu hid, projie, dsb. biasanya mereka faham soal kelistrikan terutama yang berhubungan dengan lampu motor

  5. beluam ada 24 jam pake…. shogun sp 2009 ane klampu sebelah kanan posisi jarak dekat nya mati gan… kenapa ya..??? klo lampu jarak jauhnya hidup gan…. tolong gan cari solusinya…
    soalnya gag lama uda 2x gtu gan lampu sebelah kanannya. ane ganti bohlam 18 watt 5000k tetep gtu…

    • wah ane kurang paham masalah kelistrikan –v tapi menurut ane sih mungkin ada masalah dengan jalur kelistrikan yang berhubungan ke headlamp kanan motor ente gan

  6. SAYA PNYA MOTOR SHOGUN 2006 LAMPUX UDA LAMA REDUP OARANG BILANG LAMPUX KALAH UDA DIGNTI TETAPAJA GHITU TRUS ADA LG YG BLANG KIPROH UDA DI GNTI SAMA JG LALU ADA LG YG NGOMONG AKIX UDA DI GNTI TETAP JG REDUP APAX YG BANG MHON BANTUANX

Silahkan berkomentarrrr~