Ketika Filter Udara Mampet

Pemirsa sekalian… Sesuatu yang mampet biasanya nggak enak. Hidung mampet, BAB mampet, dsb. Nggak enak lah pokoknya. Nah, apa yang terjadi jika filter udara motor ente mampet? Kisah berikut akan menjawabnya…

Suatu ketika ane tengah mengendarai NMP alias New Megapro alias motor reog ponorogo. Begitu sampai di satu jalan, ane mendapati kondisi jalanan di depan ane sepi. Seenggaknya sampai radius 500meter di depan nggak ada kendaraan sama sekali. Dan setelah berpikir sejenak ane pun memutuskan untuk memelintir gas dalam-dalam. Sekalian nyobain performa gear set sama ban baru #ciyeeee.
2013-07-23 16.05.01a
Gas dipelintir, mesin meraung. Dan ane pun melesat cepat meski tak secepat Ninja RR. Shifting gear juga ane lakukan secepat mungkin meski tak secepat pembalap Motojipi. 60…70…80…90… Dan saat memasuki kecepatan 95-97km/jam tiba-tiba terjadi sesuatu yang nggak diduga-duga. Rpm turun mendadak dan mesin pun kehilangan tenaga. Weleh-weleh… Ane langsung menurunkan kecepatan dan kembali riding di kecepatan normal (50-60km/jam). Karena penasaran, ane mencoba gaspol lagi beberapa saat kemudian. Ternyata hal yang sama terjadi lagi. “Waduh, jangan-jangan karena ini motor belum diservis?” Itu yang ane pikirkan. Dan ketika ane tanyaken ke beberapa kawan, mereka mendiagnosa ada sesuatu yang salah di karburator NMP ane. Waduh, mesti ke bengkel deh nih.

Beberapa hari kemudian ane iseng ngeliatin mesin NMP, meskipun belum faham soal mesin tapi ane berharap dapat menemukan sesuatu yang jadi penyebab hal ini. Kondisi mesin normal meskipun agak kasar karena olinya belum diganti :b ane nggak tau mesti diapain. Satu-satunya solusi sementara yaa si NMP jangan diajak lari dulu. Beranjak dari ngeliatin mesin, kali ini ane mulai iseng membuka bagian bawah jok. Maksudnya mau ngambil obeng buat bongkar-bongkar dikit. Tapi kemudian ane nggak jadi bongkar-bongkar, karena biang keroknya ketahuan pas jok dibuka… 2013-07-29 07.16.43</a
Lha iki sing jadi biang keladi, toolset nutupin air intake alias saluran menuju filter udara NMP yang bentuknya seperti moncong hidung babi. Pantesan nggak mau diajak ngebut. Ternyata filter udaranya mampet –" Ibarat orang sesak nafas tapi dipaksa lari. Yo susahhh…
2013-07-29 07.15.03
Jelas-jelas ada peringatan “Jangan menaruh benda apapun di bawah jok” yang fungsinya untuk mencegah hal seperti yang ane alami terjadi. Tapi toolset ane malah nongkrong tepat didepan hidung babi –”

Okelah, sekian post kali ini. Semoga bisa dijadiken pelajaran bagi pemirsa sekalian. Semoga bermanfaat~

19 pemikiran pada “Ketika Filter Udara Mampet

Silahkan berkomentarrrr~