Honda C700 | an old bike and story about it

Bapak-bapak mana yang tak kenal Honda c700? Kalo ada yang tak kenal pastinya bukan bapak saya :b

2013-02-14 15.32.58

Belum lama ini ane bertemu dengan seorang rekan yang berdomisili di Jakarte. Beliau biasanya menunggangi V-ixion abu-abu untuk wara-wiri kesana-kemari. Namun pada saat bertemu ane beliau menunggangi sesosok motor lain, yang ternyata adalah Honda c700. Yo wis. Sambil ngobrol bokep ngalor-ngidul ane interogasi sekalian deh…

Konon kabarnya ini motor dipake sesekali aja sebagai subtitusi dikala bosan mengendarai V-ixion. Dan usut punya usut, ternyata ini motor punya bapake beliau. Walah~ Yo wis, ra popo. Interogasi berlanjut. Ini motor belum lama dibeli dari seseorang yang ane pun nggak tau siapa. Konon kabarnya lagi, ini motor udah mengalami beberapa ubahan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Nah, ubahan opo tho? Ternyata yang diubah adalah gearboxnya. Dari yang semula 3 percepatan menjadi 4 percepatan. Weisss… Makin ngacir dong? Yaa nggak juga, namanya motor tua kan bukan buat dibawa ngebut. Menurut penuturan beliau pun di kecepatan 70 km/jam on speedo suara si c700 udah meraung-raung. “Kasian dengernya” tutur beliau.

Lanjut ke kelebihan dan kekurangan c700 dari sudut pandang beliau. Katanya sih…

+ irit, keren (retro style), bayar pajaknya murah (cuma 65 ribu rupiah pertahun)

– nggak bisa ngebut kaya V-ixion abu-abu yang make knalpot CLD + koil protec

2013-02-14 15.29.50

Setelah beberapa saat memandangi ini motor, ane jadi teringat kisah babeh ane dulu. Dulu babeh ane punya Honda c700, persis kaya gini. Sayangnya c700 babeh ane nggak bertahan lama. Karena dijual buat modal kawin :b

2013-02-14 15.30.01

~~~

Setelah interogasi singkat, ane pun meminta izin untuk testride~

2013-02-14 15.33.47-1

Aura kasih motor era 70-80an sangat kental sekali. Posisi stangnya seperti bebek pada umumnya namun stang c700 cenderung lurus alias hampir tidak menekuk. (kalo yang nekuk banget mah kaya gerobak :b). Bobotnya pun ringan. Estimasi ane sih sekitar 80-90 kilogram. O iya, satu hal yang bikin ane agak bingung pas pertama menunggangi ini motor adalah: Dimana letak kunci kontaknya???

2013-02-14 15.35.14Ternyata letak kunci kontaknya ada di sebelah kiri coy, walah… Dasar blogger norak, taunya posisi kunci kontak cuma di stang aja. Padahal kan kunci kontak motor ada yang di kiri, di kanan, dan ada juga yang di atas tangki.

2013-02-14 15.35.23Pas sesi testride, ane nggak berani menggeber ini motor lebih dari 50 km/jam. Ngeri. Soalnya rem depan maupun belakang si c700 ini nggak terlalu pakem. Yo wis, alon-alon wae… Motor tua kan bukan buat dipaksa lari sekencang-kencangnya. Tapi buat dirasakan sensasi retro dan ekslusifitasnya~

Sesi testride-nya nggak lama-lama amat. Cuma sekitar 10 menit. Tapi setidaknya sudah memberikan gambaran bagaimana sensasi berkendara dengan c700, dan ane jadi tau rasanya bagaimana dulu babeh boncengan sama enyak. Yaa semoga motor-motor seperti ini bisa tetap kuat mengaspal sampe bertahun-tahun kedepan, supaya anak cucu kita kelak bakalan tahu nenek moyangnya motor-motor modern.

2013-02-14 15.42.48Okelah, sekian posting dari saya kali ini. Mohon maaf dan silahkan dikoreksi apabila ada kesalahan. Salam buat ibu, jangan sampai ketahuan bapak. Semoga bermanfaat~

23 pemikiran pada “Honda C700 | an old bike and story about it

  1. pertama x belajar naik motor pake c70 alias BMW (BebeK Merah Warnanya), nyemplung got, sayapnya abis semua, ni motor turun temurun di keluarga, dari ibu saya turun ke tante no 7 trs ke tante no 8, balik lg ke saya

  2. clasic abis, ane masih kagok bgt cara nyaterna bro. trutama posisi lobang kuncin nya.

    yg ane salut, material partsny joss2 smua.

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s