Bapak-bapak mana yang tak kenal Honda c700? Kalo ada yang tak kenal pastinya bukan bapak saya :b
Belum lama ini ane bertemu dengan seorang rekan yang berdomisili di Jakarte. Beliau biasanya menunggangi V-ixion abu-abu untuk wara-wiri kesana-kemari. Namun pada saat bertemu ane beliau menunggangi sesosok motor lain, yang ternyata adalah Honda c700. Yo wis. Sambil ngobrol bokep ngalor-ngidul ane interogasi sekalian deh…
Konon kabarnya ini motor dipake sesekali aja sebagai subtitusi dikala bosan mengendarai V-ixion. Dan usut punya usut, ternyata ini motor punya bapake beliau. Walah~ Yo wis, ra popo. Interogasi berlanjut. Ini motor belum lama dibeli dari seseorang yang ane pun nggak tau siapa. Konon kabarnya lagi, ini motor udah mengalami beberapa ubahan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Nah, ubahan opo tho? Ternyata yang diubah adalah gearboxnya. Dari yang semula 3 percepatan menjadi 4 percepatan. Weisss… Makin ngacir dong? Yaa nggak juga, namanya motor tua kan bukan buat dibawa ngebut. Menurut penuturan beliau pun di kecepatan 70 km/jam on speedo suara si c700 udah meraung-raung. “Kasian dengernya” tutur beliau.
Lanjut ke kelebihan dan kekurangan c700 dari sudut pandang beliau. Katanya sih…
+ irit, keren (retro style), bayar pajaknya murah (cuma 65 ribu rupiah pertahun)
– nggak bisa ngebut kaya V-ixion abu-abu yang make knalpot CLD + koil protec
Setelah beberapa saat memandangi ini motor, ane jadi teringat kisah babeh ane dulu. Dulu babeh ane punya Honda c700, persis kaya gini. Sayangnya c700 babeh ane nggak bertahan lama. Karena dijual buat modal kawin :b
~~~
Setelah interogasi singkat, ane pun meminta izin untuk testride~
Aura kasih motor era 70-80an sangat kental sekali. Posisi stangnya seperti bebek pada umumnya namun stang c700 cenderung lurus alias hampir tidak menekuk. (kalo yang nekuk banget mah kaya gerobak :b). Bobotnya pun ringan. Estimasi ane sih sekitar 80-90 kilogram. O iya, satu hal yang bikin ane agak bingung pas pertama menunggangi ini motor adalah: Dimana letak kunci kontaknya???
Ternyata letak kunci kontaknya ada di sebelah kiri coy, walah… Dasar blogger norak, taunya posisi kunci kontak cuma di stang aja. Padahal kan kunci kontak motor ada yang di kiri, di kanan, dan ada juga yang di atas tangki.
Pas sesi testride, ane nggak berani menggeber ini motor lebih dari 50 km/jam. Ngeri. Soalnya rem depan maupun belakang si c700 ini nggak terlalu pakem. Yo wis, alon-alon wae… Motor tua kan bukan buat dipaksa lari sekencang-kencangnya. Tapi buat dirasakan sensasi retro dan ekslusifitasnya~
Sesi testride-nya nggak lama-lama amat. Cuma sekitar 10 menit. Tapi setidaknya sudah memberikan gambaran bagaimana sensasi berkendara dengan c700, dan ane jadi tau rasanya bagaimana dulu babeh boncengan sama enyak. Yaa semoga motor-motor seperti ini bisa tetap kuat mengaspal sampe bertahun-tahun kedepan, supaya anak cucu kita kelak bakalan tahu nenek moyangnya motor-motor modern.
Okelah, sekian posting dari saya kali ini. Mohon maaf dan silahkan dikoreksi apabila ada kesalahan. Salam buat ibu, jangan sampai ketahuan bapak. Semoga bermanfaat~
itu bukannya honda c70 ya. . . ,kalo c700 kan keluar tahun 80 sampe 81
tapi tulisan di stnk nya c700 –” ane juga agak bingung
maknyosss…..
maknjoes~
The most historycal bike in my life.. ;(
nilai historisnya jauh melebihi harganya 😀
mesinnya mirip mesin C100 series ya, apa emang dah diganti ya gan. 😀
iya — kayanya dh diganti deh
pertama x belajar naik motor pake c70 alias BMW (BebeK Merah Warnanya), nyemplung got, sayapnya abis semua, ni motor turun temurun di keluarga, dari ibu saya turun ke tante no 7 trs ke tante no 8, balik lg ke saya
motor warisan, kelak diperebutkan anak cucu –,
cakep bener gan. dirawat banget ya pasti
yep, kayanya sih dh swap engine juga deh –, #imho
C70 pake mesin C100 series segelondong….
plug n plek kah? —
plug n play bgt soalnya pernah bantu pasang punya temen….tapi jgn tanya darimana dpt mesinnya lhoooo hororrrrr…..:)
weleh — horor kenapa tho?
gak jelas asal-usul mesinnya dari mana…jangan jangan…:p
jangan-jangan? –,
clasic abis, ane masih kagok bgt cara nyaterna bro. trutama posisi lobang kuncin nya.
yg ane salut, material partsny joss2 smua.
unik dan berkualitasss… khas motor lawas
baca baca blog ente jadi keinget motor ane yang persis ini :’)
sayangnya udah kejual, sedih juga pas baca comment pada komen positif. agak nyesel juga……
kan emang montormu cuk -.- lah. nape dijual?
ajiiibb