Pemirsa… Apa jadinya jika NMP menantang CB150R? Artikel kali ini akan membahas tentang duel dua mahluk 150 cc dari pabrikan cap sayap buntung.
Okelah… sebagai data pendukung ane sertakan spek masing-masing kontestan kali ini…
New Megapro 2012 – joki: ane sendiri (bobot: 55 kg)
Mesin: Standar
Ban: FDR Noigen 90/80 (depan) – Michelin Pilot Street 100/80 (belakang)
Bahan bakar: premium always
Spek lain: gear depan 15 mata
CB 150 R StreetFire 2013 – joki: fernando (bobot: 75 kg)
Mesin: Standar
Ban: Standar (IRC lupa serinya :b depan 80/90 – belakang 100/80)
Bahan bakar: premium oplos v-power
Spek lain: ferrox air filter
Trek yang digunakan untuk duel berada di area lokasi yang digunaken pada artikel testride CBR250R sebelumnya. Sebenarnya CBR250R juga ikut dalam duel ini (lho, namanya bukan duel dong kalo pesertanya tiga –) namun CBR250R selalu ngacir jauh di depan (padahal startnya belakangan). Sehingga ane dan fernando jadi tertinggal dan terlibat duel.
…
Hokelah… Kita lanjut ke duelnya aja yuk pemirsa…
Run 1
Ane dan fernando berjalan konstan dalam posisi sejajar pada kecepatan +- 40 km/jam. Sebagai aba-aba, alehandro yang berada +-10 meter di belakang kami akan membunyikan klakson. Begitu klakson dibunyikan, ane dan fernando langsung melintir gas… Woh luar biasa, ane ketinggalan pemirsa. Tapi masih bisa menempel tepat di belakang ekor CBSF-nya fernando sampe kecepatan 100 km/jam. Selebihnya fernando semakin ngacir dan menjauh dengan jarak +- 5 meter di depan ane. Ane mendapatkan topspeed 111 km/jam. Sedangkan fernando tidak terdata karena nggak sempet liat speedometer :b
Run 2
Masih sama dengan sebelumnya, berjalan sejajar konstan pada kecepatan +-40 km/jam. Klakson dibunyikan dan ane dan fernando langsung melintir gas. Kali ini ane berhasil memberikan perlawanan, sampai kecepatan 80 km/jam ane dan fernado imbang, selebihnya fernando melesat ke depan. Begitu fernando berada di depan ane, ane langsung memposisikan NMP untuk berada tepat di belakang CBSF, dan ane sukses mengekor fernando sampai akhir. Topspeed? Kedua ridernya lupa melihat speedometer :v
Run 3
Klakson CBR250 alehandro berbunyi, ane dan fernando melesat. Kali ini ane juga berhasil menahan fernando lagi sampai kecepatan 80 km/jam. Selebihnya fernando berhasil merangsek ke depan. Dan ane langsung nempel di ekornya sampai akhir trek. Topspeed yang ane dapet adalah 98 km/jam. Sedangkan fernando 102 km/jam. Catatan: trek pada run kali ini agak menanjak.
Run 4
Klakson CBR250 berbunyi lagi, ane melesat sepersekian detik lebih dulu dibanding fernando. Dan pada run kali ini akhirnya ane berhasil memimpin pemirsa! Sementara fernando menempel ketat, hingga akhirnya pada kecepatan +-110 km/jam fernando berhasil menjejeri NMP ane. Ketat sekali. Rasanya luar biasa pemirsa, NMP dan CBSF melesat sejajar di kecepatan tinggi. Dengan jarak kurang dari 2 meter di samping ane, deru mesin CBSF terdengar jelas sekali pemirsa. Menjelang akhir trek CBSF melesat tifis di depan NMP… Topspeed yang ane dapatkan adalah 118 km/jam. Sedangkan fernando 120 km/jam.
Kesimpulannya…
Dilihat dari spek saja sebenarnya sudah terlihat bahwa CBSF lebih powerfull dibanding NMP, dan kenyataan setelah diadu dalam 4 kali run di trek dengan panjang bervariasi antara 300-600 meter pun demikian. CBSF selalu saja mengungguli NMP, namun yang ane rasa perlu di garis bawahi disini adalah ternyata NMP masih bisa meladeni CBSF alias masih mampu berbicara. Secara umum dengan posisi start sejajar dan bersamaan, akselerasi NMP masih bisa mengimbangi atau seenggaknya menguntit CBSF, selebihnya di kecepatan tinggi rider NMP bisa melakuken teknik curi angin dengan terus menguntit ekor CBSF biar nggak ditinggal jauh, namun untuk trek yang lebih panjang ane nggak yakin kalo NMP bisa terus nempel di ekor CBSF…
Bonus: Run 5
Di lampu merah saat hendak pulang, ane fernando dan alehandro berjejer di barisan terdepan. Jalanan di depan yang nyaris kosong (cuma ada 1 motor dan itu pun nun jauh disana :b) nampak begitu menggoda… Apalagi yang terpampang di depan adalah lokasi yang jarang ada orang menyebrang dan beberapa ratus meter berikutnya adalah jembatan yang nyaris nggak mungkin ada orang nyebrang. Begitu lampu beranjak ke kuning, dengan spontan ane menarik gas dan ngacir duluan (jangan ditiru). Sedangkan alehandro dan fernando baru narik gas ketika lampu menjadi hijau (silahkan ditiru). Ane yang berada di posisi terdepan ngacir sejadi-jadinya sampe nunduk, sementara ketika ane ngelirik spion, terlihat alehandro dan fernando mencoba mengejar. Ane berharap kali ini ane bisa mencapai akhir trek di posisi pertama. Namun rupanya unggul start dan posisi badan membungkuk tidak membantu ane permisa… alehandro dengan CBR250nya menyalip ane dengan cukup telak :’v untunglah alehandro dan CBSFnya nggak kunjung nyalip hingga akhir… Oiya, ane mendapatkan topspeed 121 km/jam, fernando n/a (lupa), sedangkan alhendro 135 km/jam.
Okelah… sekian pemirsa… mohon maaf dan koreksinya jika ada salah, semoga bermanfaat!
wah main kebut-kebutan 🙂
Mumpung ada lawannya om :b
DOHC, SOHC gak ada bedanya.. tetap joki + kondisi jalan yg menentukan 😀
btw, ternyata gak cuma motorku yg ada sling helmnya
Betul om~
Ane pake sling helm biar lebih aman, takut helm ilang lagi —
idem…
aku 2x kehilangan helm itu sakitnya di sini..
*nunjuk dompet
Helm hilang dapat menimbulkan trauma finansial :’v
kapan2 test versa bro penasaran sm nie mtr
kapan2 test verza bro penasaran sm nie mtr
Kapan2 kalo ada kesempatan om~
verza std yah,?
ud pernh di ringroad utara jogja, ane pancing sampe panas, mulai kebakar ridernya ane ekorin beberapa saat,uda gitu libas,
jauuhh tu ktinggalannya, itu jg baru oper 4-5, stelah yakin bner2 ktinggalan baru deh ngoper gear 6,
catatan ane pake gl 200 th 95, gear blakang ganti jadi 46 mata,
ngen d tanjakan, tp d track panjang dominan lurus top speed bikin ketagihan.
dan buat ane yg cmn 53-55 kg lepas dari stopan ttp enak nariknya , wlwpun gear blakang ud turun skian mata
klo start dr berhenti baru tau bedanya broo.. 😀 imho
Nah itu, mohon maaf nggak bisa start dari berhenti. Nggak enak diliatin pengguna jalan lain —
monggo sama CBSF saya,,kok itu joki CBSF nya cm dpet top speed segitu,pnya sya bsa gak loyo kyk gitu,,saya domisili di solo,,kalau smpeyan mau duel sma CBSF pnya sya,,akan sya layani dan buktikan kalau CBSF gak se LOYO itu
Memang sudah terbukti nggak loyo om — buktinya menang terus kan
hehe maklum saja kalo dikira agak loyo, wong belom tau jalan, trek naik turun, lintasan gak cukup buat mencapai topspeed dan masih waswas sama mobil puter balik. jadi gak bisa dapet kemampuan yang diinginkan. nanti tak coba di tempat biasa ane nyoba topspeed hehe 😀
bisa was2 juga ente :b
75kg : 55 kg……..josssshhhhh…
loyo gak loyo tergantung cara mengemudikannya.
kalo cbsf itu menurut ane keliatan kemampuannya malah kalo lagi selap selip, tahan diatas rpm 6000 bisa melibas dengan mudah. suspensinya enak jadi bisa kelak kelok dan banting sana sini tanpa takut gak nurut.
oiya pas test run diatas, ane sering kena limiter di gigi 4, jadi yaa gak sempurna deh hehe. maklum belom biasa pake air filter racing :p
nah… sang pelakunya sudah bersabda…
wow top speed mega pro 150 bisa segitu om?????
tapi ane pernah adu lari ama nmp 150, ane di kecepatan 115 nmp tidak bisa njejerin ane tuh? nyalip apalagi
jalanan agak nanjak
ane pakai megi primus standart, stang diturunin 10 cm
bobot 55 kg
Butuh trek agak panjang baru dapet segitu om. Itu juga udah nunduk abis :b nmp umumnya punya topspeed di kisaran 110-125an tergantung kondisi montor, jalan, dan faktor lain.
Jossss deh megi primussss… Nmp galak di awal doang om. Buat topspeed nyerah deh~
kalo ente yang bawa cb150r, pasti menang telak, lha beda bobotnya aja 20kg
Nah itu dia om. Senjata utama ane ada di bobot :b
kalau gigi 4 sudah kena limiter, usahakan naik ke gigi 5 dengan cepat.
karena di gigi 5 tenaga lebih terasa dan lebih lama mengail 10.000rpm bahkan limiter.
klo lawan nmp fi gimana bro?
kpengen jg jajal top speed. tp di jakarta udh susah buat ngebut mas. gigi 5 aja jarang ke pake, apa lg gigi 6. kl top speed 118 sm kaya fxr saya lagi di posisis gigi 4 tp pas di 13000 Rpm
Msh heran sama selisih antara speedo cb150r vs nmp, 118 nmp = 120 cb150. Mestinya 118 nmp = 128 cb150, joki cb150 salah liat 8 dikira 0 itu.
cebong bisa menang karna penggunaan filter racing om, bbmnya pun pake shell v power walau di oplos premium,
nmp kalah karna bbmnya premium dan ban depan belakang udh beda tingginya yg membuat top speednya loyo tp tarikannya jd jozz..
ad beberapa pernyataan yg agak ganjel bgi ane
1. nmp lari 118 kpj disalip cebong dgn lari 120 kpj, nmp speedonya jauh lbh akurat dibanding cebong om, plg nggk cebong bisa nyalip nmp pd kec 120 keatas.
2. nmp kalah jika trek lbh panjang dibnding cebong ane nggk setuju om, karna semua itu blm tentu, lihat kasus cebong vs nvl, cebong menang trek pendek namun dilumat ditrek panjang.
3. nmp ente aneh banget yak bro, dengan bobot enteng ente koq nmp nggk bisa lari, di blog2 sebelah yg punya nmp, rata2 bisa tembus 125 kpj itupun bobot ridernya lbh berat dari ente, apa ente salah inreyennya ?? wak haji (60an kg) pun saat dulu ngetes nmp gear 4 udh bisa nyentuh 110 kpj itu pun blm kena limiter
logikanya gear 5 gas mentok blm kena limiter top speednya bisa nyentuh 130 kpj bahkan lbh..
kesimpulannya
1. speedo cebong ngaco abizz om
2. cebong memang jozz akselnya, (mungkinni motor di ciptain buat drag kali yak