Malam hari adalah waktu yang paling adjib bagi beberapa kalangan bikers untuk melaksanaken Touring. Kondisi jalanan yang sepi nan adem jelas nggak bisa di dapet kalo Touring di siang hari. Belum lagi waktu tempuh yang bisa dipangkas habis-habisan hingga nggak kerasa tau-tau udah sampe aje di tempat tujuan. Wuih, pokoke adjib deh. Namun bukan berarti Night Touring nggak memiliki sisi negatif, ada hal-hal yang mesti diwaspadai ketika bero-bero sekalian melaksanaken Night Touring. Diantaranye adalah…
1. Ngantuk
Bagi yang belum biasa Night Touring, rasa ngantuk niscaya akan mendera. Jangan disepelekan, mendingan cepet berhenti dulu deh. Ngopi sejenak, atau tidur dulu jika situasi memungkinkan. Lebih baik terlambat sampai tujuan daripada kenapa-kenapa di jalan.
2. Banyak Truk dan Bus
Jangan dikira jalanan bakal sepi total di malam hari. Di jalan antar kota terutama, niscaya ente akan sering menemui Truk-truk dari yang kecil sampe yang segede Optimus Prime, serta Bus-bus AKAP yang lajunya bukan main. Kalo mau nyalip mahluk-mahluk macam ini ente mesti hati-hati, kesenggol dikit bisa fatal akibatnya.
3. Persimpangan
Wajib berhati-hati tiap lewat persimpangan, jangan selebor. Situasi jalanan yang sepi bikin orang cenderung seenaknya aja melewati persimpangan. Turunken kecepatan, beri isyarat (klankson / lampu dim) sebelum melewati persimpangan.
4. Minimnya Penerangan
Di beberapa daerah pasti ada tempat-tempatyang minim penerangan jalan. Jalan nggak rata atau bahkan berlubang nggak bisa keliatan dengan jelas. Kalo jangkauan lampu motor ente nggak jauh-jauh amat, mending jangan ngebut.
5. Kabut
Masih berhubungan dengan point sebelumnya. Di daerah-daerah dataran tinggi kabut bisa turun kapan aja. Kalo lampu motor ente warnanya putih kekuningan insyaallah bisa nembus kabut. Tapi kalo putih kebiruan? Mending ganti bohlamnya deh.
6. Hujan
Pilih touring malam hari karena kalo siang hari biasanya turun hujan? Salah bero. Hujan bisa turun kapan aja. Siapken jas hujan sebelum ente take off.
7. Bensin
Jangan sampe bensin ente menipis setipis-tipisnya di tengah perjalanan. Inget bero, nggak semua pom bensin buka 24 jam. Jangan sampe ente ngedorong motor karena kehabisan bensin. Pastikan persediaan BBM di tangki motor ente cukup.
8. Lampu HID
Pake HID memang enak, pancaran sinarnya terang seterang kepala orang botak :b Tapi bijimane kalo ente dibikin silau oleh kendaraan yang pake HID dari arah berlawanan? Jangan tatap lampunya, kalo ditatap nanti ente bisa terhipnotis eh bisa dapet efek “buta sesaat”, bahaya.
Nah, itulah beberapa hal yang mesti diperhatiken saat ente melaksanaken Night Touring. Pengen nambahahin? Silahken nambahin dengan mengisi kolom komentar. Sekian post kali ini. Semoga bermanfaat~
Juuuos
http://aripitstop.wordpress.com/2013/12/18/uji-konsumsi-bbm-mio-gt-paling-irit-diantara-beat-fisuzuki-nex-dan-tvs-dazz/
nyooosssss
Kl turing r2 atau long distanse driving r4 ane pilih siang. Mlm jam biologis ane buat istirahat tidur sepulas pulasnya.. Kadang kl terpaksa kemalaman atau nyasar kemalaman br kudu ekstra hati2 & super waspada.. Bnyk kejadian kecelakaan fatality di mlm hari
Siang-siang memang lebih aman om. Touring malem buat yang nyari alternatif aja
Ping balik: Review Transportasi Jakarta-Bandung PP| Part 1: Sepeda Motor | D'rideNote@wordpress