Share Pengalaman : 21 Tips Saat Touring Berjamaah

Selamat datang dan selamat membaca bagi para pemirsa yang sudah sudi mampir ke blog ecek-ecek ini. Sebelumnya mohon maaf dan perlu diingat bahwa blog ini bukan tipikal blog yang artikelnya rutin keluar tiap hari/minggu/bulan/tahun/abad. Artikel blog ini akan muncul seenak udel jika ane sedang ada inspirasi untuk menulis. Dan… pada kesempatan kali ini ane akan berbagi tips dari pengalaman yang ane dapat selama liburan kemarin.

jalan lingkar nagrek, banyak para petouring yang melipir dan berpoto sejenak disini

jalan lingkar nagrek, banyak para petouring yang melipir dan berpoto sejenak disini

Dalam melaksanaken touring berjamaah, ada baiknya pemirsa sekalian mengingat hal-hal dibawah ini:

  1. Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat, kalo ada yang motornya nggak fit. Lebih baik dibonceng saja.
  2. Cek juga kondisi tiap jamaah peserta touring, kalo ada yang sakit lebih baik istirahat di rumah saja.
  3. Pastikan kelengkapan berkendara, serta surat-surat macam sim dan stnk tidak tertinggal. Dompet dan isinya juga jangan ketinggalan. Kamera juga.
  4. Lakukan briefing singkat dan doa bersama sebelum take off.
  5. Atur formasi sedemikian rupa, jika jamaah touring berjumlah banyak, lebih baik rombongan dipecah menjadi beberapa bagian. Untuk urusan formasi touring, ane nggak terpaku mesti ada sweeper, voorijder, dkk. Fleksibel aja, yang penting aman, nyaman, dan nggak ngeganggu pengendara lain di jalan.
  6. Nggak ada salahnya membuat jadwal atau rundown yang fleksibel serta berbagai plan untuk menghadapi berbagai kondisi yang mungkin terjadi. Misal: rundown yang fleksibel berguna ketika ada jamaah touring yang ngaret datang ke titik kumpul.
  7. Setidaknya ada 1 jamaah touring yang membawa toolset untuk mengantisipasi kejadian tak terduga di jalan, misal: mogok.
  8. Toolset juga dapat digunakan dalam keadaan darurat, misal: kunci T atau kunci lain yang berukuran besar bisa dijadikan senjata pertahanan ketika menghadapi begal.

    20150827_1840a13

    lumayan nih kalo kena kepala… jangan disalahgunakan yaa

  9. Berhati-hati dan mematuhi segala rambu-rambu lalu lintas yang ada. Ketika melewati persimpangan atau tikungan buta sebaiknya memberi isyarat klakson atau lampu dim.
  10. Isi bensin dan isi perut sebaiknya dilakukan berjamaah alias bersama-sama, ini untuk menghindari terjadinya “tunggu-tungguan” dan menambah kekompakan diantara jamaah touring.
  11. Sirine, toa masjid, dan lain sebagainya bukanlah hal yang wajib ada. Cukup gunakan klakson, lampu dim, lampu sein, atau isyarat tangan ketika di sedang berada di jalan.
  12. Berikanlah edukasi kepada jamaah touring yang masih newbie, contohnya: kode kaki turun untuk memperingatkan bahwa di depan ada lobang.
  13. Berikanlah keamanan dan kenyamanan bagi jamaah touring yang masih newbie, sebaiknya sisipkanlah mereka di tengah rombongan. Jangan ditaruh di posisi paling belakang, kalo ketinggalan bisa nyasar.
  14. Ada baiknya jamaah yang memiliki lampu motor yang paling terang diletakan di barisan depan, guna untuk melihat kondisi jalan di depan.
  15. Atur kecepatan dan jaga jarak, usahakan rata-rata kecepatan antar jamaah touring berada pada kisaran yang sama.
  16. Jamaah touring yang memiliki motor dengan power besar sebaiknya jangan ngebut dan ngacir duluan.
  17. Jamaah touring yang memiliki motor dengan power kecil juga sebaiknya jangan pelit-pelit amat dalam membuka gas.
  18. Jangan terpancing ketika menemui alay sruntulan di jalan. Tetap tenang dan biarkan mereka berlalu. Perjalanan jarak jauh membutuhkan stamina dan bahan bakar yang nggak sedikit, keduanya bisa terbuang sia-sia jika ente meladeni alay sruntulan.
  19. Ketika menyalip jamaah touring dari rombongan lain, sebaiknya salip dengan sopan, jangan memaksa, dan langsung salip dari belakang sampai depan jika memungkinkan. Dan nggak ada salahnya memberi salam via klakson. Din.. din!…
  20. Ketika berhenti menepi untuk istirahat dsb, usahakan jangan sampai menutup badan jalan dan mengganggu lalu lintas.

    IMG_20150614_09a2921

    poto diambil di daerah pangalengan, ceritanya lagi istirahat sejenak bersama rekan-rekan

  21. Jangan lupa pulang. Anak istri menunggu di rumah. Bawakanlah mereka oleh-oleh, jangan cuma pamer foto.

 

Okelah pemirsa, sekian dulu tulisan dari ane kali ini. Jika ada tips tambahan atau ingin meralat tips diatas silahken sampaikan via kolom komentar. Terimakasih sudah mampir! Semoga makin ganteng.

Silahkan berkomentarrrr~

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s