Judule kepanjangan ye bro? maap maap. maksudnya biar jelas aja
Begini kisahnya. Beberapa waktu yang lalu kondisi ban belakang NMP ane udah bener-bener gundul layaknya ban motojipi. Janganken dibawa di trek basah, di trek kering pun ‘gigitan’-nya sudah sangat lemah. Daripada berlama-lama dengan kondisi yang nggak enak seperti ini, ane pun memutusken untuk mengganti ban…
Tadinya ane berniat mengganti ban belakang NMP dengan yang berukuran 120/80. Selain jadi terlihat lebih berisi, tinggi motor pun jadi bertambah. Sebab ban standar NMP 100/90, tingginya : 100 x 90% = 90mm alias 9 cm. Kalo pake 120/80 berarti tingginya jadi 120 x 80% = 96mm alias 9,6 cm. ada penambahan 1,2 cm (0,6 cm x 2 (atas bawah)). Di sisi lain, penambahan tinggi ini juga merupakan penambahan diameter roda yang otomatis akan berakibat naiknya topspeed. Sebaliknya jika pake ban dengan tinggi yang lebih pendek, contoh 110/70 (berarti tinggi ban hanya 110 x 70% = 77mm alias 7,7cm) maka topspeed akan menurun, meskipun akselerasi meningkat.
efek lain setelah ganti ban, yuk baca: Perubahan Akurasi Speedometer setelah ganti ban
Sialnya, ane nggak menemukan ban 120/80 di toko ban. Yang ada cuma ukuran 120/70 merk sendal jepit. Itupun mesti ditebus dengan tiga lembar uang warna merah (bukan gocengan ye). Dan satu lagi merk jembatan batu, yang jembatan batu harganya mukegile. Setelah dipikir-pikir, akhirnya ane nekat mengambil ban yang satu ini…
Ingin tahu lebih lanjut review pemakaian ban 100/80 ini? Yuk baca: Full Review Michelin Pilot Street
Harganya juga setara dengan ban 120/70 tadi, tapi ukurannya lebih kecil. Cuma 100/80 bro… Bahkan ban ini lebih kecil dibanding ukuran ban standar NMP (100/90). Terus kenapa ane ambil yang ini? Entahlah, iseng aje pengen coba :b
Impresi awalnya? beuhhh.. Motor jadi pendek. Gimana nggak? Diameter roda mengalami penurunan 2 cm dibanding kondisi standarnya (silahken hitung dewe).
Dan beberapa hari kemudian, ane pun jadi penasaran dengan performa NMP dengan ban 100/80 ini. Waktu ba’da subuh ane jadiken sasaran untuk menjajal seperti apa lari NMP ane sekarang. Dan ternyata…
Akselerasinya terasa lebih nampol. Mantab lah. Mumpuni banget buat trek stop n go di perkotaan. Tapi topspeednya terasa dikebiri bro. Bisa ente liat pada gambar diatas. Ane dapet speed 109 km/jam di gps, sedangkan di speedo menunjukan angka 117 km/jam. Itu dengan kondisi mesin meraung-raung, lebih meraung dibandingken waktu pake ban standar di kecepatan yang sama. Feeling ane sih kalo diterusin dikit lagi bisa kena limiter tuh :b
…
Okelah, sekian post kali ini. Bagi ente yang ingin mencoba ban 100/80 untuk dipake di roda belakang nmp silahken nyoba. Bagi ente yang nggak pengen nyoba yaa nggak papa. Selamat libur lebaran~ Semoga bermanfaat~
joss ban baru…..
btw, ban 120/80 juga blm tentu dongkrak topspeed. kan gaya gesek sama aspal juga makin gede
kalo 120/70 tapakannya memang lebar jadi bikin gesekan ke aspal makin gede. tapi kalo 120/80 malah lebih sedikit soale ban cenderung mbulet #liatmotortemen
corsa s123 uk.120/70-17 saya beli 290 ribu koq,feelingnya enak aja,malah kalo ditikungan suka narik kebawah buat rebah..
Saya nya yang ngeri
jossss… tapi ane ada pengalaman buruk semasa make corsa —
bannya hamil????,saya ganti ban standar irc dari pabrik lantaran hamil,padahal alurnya masih layak pakai
Bukan om — bannya robek. Kalo irc dulu di shogun sp yang pernah hamil —
bhahah ganti gir aja masbroo kalo mau pake ban gede
http://brigade15.wordpress.com/2013/08/05/review-testimonial-nano-energizer/
rencana kedepannya juga mau main gear — cuma belum ada fulus lagi :b
kalo ganti velg, lebih josss bro,
#racun 😀
dompet ane belom berani kalo ditantang buat beli velg :b
kok pertambahan tingginya di kali dua ? bgmn penjelasannya ya ?
Yang bertambah kan ada 2 sisi, di sisi atas sama bawah ban. Jadinya dikali 2. Itu hanya berlaku untuk pertambahan tinggi roda (diameter velg + ban). Sedangkan pertambahan tinggi motore belum tentu sama persis dengan pertambahan tinggi roda
Tambah berat tuh 😀
http://prazovic.blogspot.com/2013/08/berita-otomotif-yamaha-250-cc-bakal.html
tarikane jadi enteng kok bro. cuma berat di dompet aja :b
Klo ƍa ♏au berat didompet cobain pke per koplingnya tiger..lumayan nambah akselerasi,minusnya kopling rda berat..butuh settingan lgi
pake per kopling tiger aja…aman di dompet,tpi ada minusnya..kopling jdi aga berat..harus di setting lgi
pas itu kang ukuran segitu. kalo mau lebih pendek lagi pake ban belakang NJMX yg baru. ukuran kalo gak salah 100/70…. jadi ceper motornya
(velg std kan 2.50 yah ukurannya).hehehe
iyo mase, tadinya nyari yang 120/80 — kalo ban belakange ceper kaya mx gitu ane kurang sreg —
standar lebih cocok buat harian http://yoyokefendi99.blogspot.com/
kalo ban standarnya malah nggak enak menurut ane —
itu merk michelin pilot street ya? tau kenapa ane pake michelin yg buat matik juga akselerasinya jadi joss
iyo om, buat mereng-mereng juga enak~
kang, kalo ban belakang dijejalin ukuran 110/70 gimana ?
efeknya nggak jauh beda dari pemakaian ban 100/80 om, akselerasi meningkat dibanding pas pake ban irc bawaannya
klo ban depannya ukuran berapa? klo belakang 100/80
Kang kalau dikasih ban uk 120/80 enaknya yg depan dikasih uk berapa ya yg pas ? #edisipinginbangedetapivelgstandart :v
100/80 om kayanya pas om, meski jarak ban depan ke spakbor jadi mepet
klo belakang uk 100/80 depannya ukuran berapa?
saran ane pake ukuran 90/80 om
enak 90/80 sama 100/80 atau 100/80 sama 110/80
Kayanya enakan 100/80 + 110/80 om. Cuma ban ukuran 110/80 agak susah dicarinya —
yang agan pake enak gak buat tikung tikung sama agak miring gt
enak-enak aja gan, ane pake m1chelin pilot street dengan ukuran depan 90/80 dan belakang 100/80
Sekarang pakai ban depan ukuran 80/90.ban belakang 90/90.sepeda mau di buat turunan di buat ukuran berapa yang pas? menurut ku depan 90/80.belakang 110/80.betul gak suhu? Tolong di bantu
wah ane bukan suhu om
ukuran segitu sih kayanya pas-pas aja. cuma ban ukuran 110/80 agak susah dicarinya